Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketemu Biaya Servis Mobil yang Murah, Coba Perhatikan Rinciannya

Kompas.com - 14/02/2023, 11:42 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Biaya servis mobil bisa sangat beragam dari bengkel satu dengan yang lainnya. Mulai dari sebutan pekerjaannya hingga mendetail pada rincian pekerjaannya.

Terkadang ada bengkel yang menawarkan biaya servis yang sangat murah. Temuan tersebut tentu menimbulkan pertanyaan, jenis pekerjaan apa yang dilakukan dengan perkiraan biaya tersebut.

Lantas, bagaimana cara memahami fenomena terjadinya ragam biaya servis di bengkel?

Baca juga: Cara Hindari Pembengkakan Biaya Saat Servis Mobil

Servis Daihatsu Ayla di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang Astra Daihatsu Majapahit Semarang Servis Daihatsu Ayla di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, setiap bengkel memiliki hak untuk menentukan harga pada layanan yang diberikan itu tidak menjadi masalah, namun ada yang perlu diperhatikan pada rincian pekerjaannya.

“Ada bengkel yang menawarkan layanan dipatok secara parsial, namun ada juga yang sudah sepaket, dengan demikian suatu layanan yang sama bisa berbeda harga,” ucap Hardi kepada Kompas.com, (13/2/2023).

Dia mengatakan umumnya untuk memberikan kesan biaya servis yang murah, maka layanan disajikan secara parsial.

Baca juga: Efek Buruk Jarang Melakukan Servis AC Mobil

SOP perawatan wajib 5.000 kilometer di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit SemarangDicky Aditya Wijaya SOP perawatan wajib 5.000 kilometer di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang

“Misal biaya tune-up, itu bisa digabung sepaket dan terpisah, ada yang memisahkan antara tune-up dan scanning ECU, sehingga biaya tune-up menjadi lebih murah, ada juga yang menggabungkan,” ucap Hardi.

Menurut Hardi perbedaan penyajian layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Yang justru perlu diperhatikan pelanggan atau pemilik mobil adalah bukan harganya, tapi rincian pekerjaannya, karena bisa saja biaya servis suatu bengkel murah tapi tidak lengkap,” ucap Hardi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com