Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Performa Motor RC213V, Marquez Tak Ingin Intervensi Teknisi Honda

Kompas.com - 13/02/2023, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez menjelaskan bahwa dia tidak ingin terlalu banyak intervensi ide dalam pengembangan teknis motor Honda RC213V. Dia hanya balapan dengan baik dan memberikan penilaian.

Marquez telah menyelesaikan tes pramusim MotoGP Sepang, Malaysia. Di hari ketiga atau hari terakhir Minggu (12/2/2023), dia berada di posisi ke-10 klasemen dengan top speed motor mencapai 336,4 kpj.

Baca juga: Truk ODOL Bikin Jalan Rusak, Rugikan Negara Sampai Rp 43 Triliun

“Seorang manajer teknis baru tiba di HRC, dan dia ingin memahami banyak hal tentang konsep,” kata Marquez, dilansir dari Crash.net, Senin (13/2/2023).

Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022Dok. HRC Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

“Saya tidak tahu mengapa tetapi mereka ingin tahu. Mereka punya alasan. Saya tidak bertanya, saya hanya balapan," kata dia.

"Ini membuat hidup menjadi sangat sulit bagi seorang pebalap di sebuah tes!. Orang di Honda yang paling berpengalaman adalah saya, jadi mereka memilih saya untuk mencoba semua hal eksperimental ini," ujar dia.

Marquez mengatakan setelah mencoba empat motor dan akhirnya memilih dua motor, hal yang dia rasakan ialah titik keseimbangan motor 2023 berbeda dengan sebelumnya.

Baca juga: Truk ODOL Terbalik karena Lobang, Muatan Kayu Timpa Pengendara Motor

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez berbicara dalam sesi konferensi pers setelah balapan MotoGP Australia, 16 Oktober 2022. Terkini, Marc Marquez bersama para pebalap yang lain akan melakoni seri terakhir MotoGP Valencia 2022. Pada seri terakhir ini akan ditentukan juara dunia MotoGP, antara Francesco Bagnaia (Ducati) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).AFP/GLENN NICHOLLS Pebalap Repsol Honda Marc Marquez berbicara dalam sesi konferensi pers setelah balapan MotoGP Australia, 16 Oktober 2022. Terkini, Marc Marquez bersama para pebalap yang lain akan melakoni seri terakhir MotoGP Valencia 2022. Pada seri terakhir ini akan ditentukan juara dunia MotoGP, antara Francesco Bagnaia (Ducati) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

“Keseimbangan sepeda berbeda. Itu jauh lebih fisik. Tapi saya harap itu berguna bagi mereka (tim dan insinyur)," kata Marquez.

“Terkadang sebagai pebalap, penting untuk memberikan umpan balik. Tapi hanya umpan balik. Jangan menginfeksi para insinyur dengan ide-ide Anda tentang sasis, konsep, dan semua hal ini," kata dia.

Setelah tes pramusim Sepang, Marquez masih punya sekali lagi tes yaitu di Portimao, Portugal, 11-12 Maret 2023 sebelum harus memilih motor mana yang akan dia pakai untuk bertarung di musim 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com