Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Lewat Pelintasan Kereta Api bagi Pengendara Motor

Kompas.com - 14/02/2023, 06:42 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Berkendara menggunakan sepeda motor di musim hujan membutuhkan kewaspadaan yang lebih tinggi. Kondisi jalan licin dan genangan air rawan mengakibatkan kecelakaan

Lokasi rawan kecelakaan salah satunya di pelintasan kereta api. Selain licin, pengendara motor sering tidak menyadari adanya bahaya dari kereta api yang sudah dekat. Lantas bagaimana biar aman dan tidak sampai terjatuh di pelintasan? 

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, teknik pengendalian kendaraan berubah, dari keseimbangan roda, kecepatan, dan perhitungan matang, semuanya menentukan keamanan agar tidak tergelincir. 

"Kecepatan dikontrol, melintasi perlintasan kereta api yang licin sangat besar risikonya. Telat perhitungan sepersekian detik, kereta bisa datang tiba-tiba. Sehingga, bisa diperhitungkan, posisi kendaraan yang aman diatas rel seperti apa," kata Sony. 

Baca juga: Pengendara Motor Harus Tahu Bahaya Laten Dekat Truk ODOL

Kewaspadaan dan persiapan untuk melintasi rel kereta api setidaknya dari jarak tertentu telah diperhitungkan.

Sony menyarankan, pengendara motor jangan mengurangi kecepatan secara mendadak. Cara tersebut malah menyebabkan terpleset dan ban tidak menempel atau kehilangan daya cengkeram. 

Ban motor yang kehilangan gaya gesek di atas permukaan besi rel kereta api paling parah menyebabkan motor berputar arah. 

Menurut Sony, teknik berkendara yang aman memakai teori menyilang, yaitu mengambil sisi bagian terluar dari rel kereta api yang licin dalam posisi horizontal. 

Petugas dari Satlantas Polres Mojokerto, Jawa Timur, melakukan olah TKP di perlintasan kereta api tanpa pintu di Desa Balongwono, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Selasa (30/8/2022).KOMPAS.COM/DOK. HANDOUT Petugas dari Satlantas Polres Mojokerto, Jawa Timur, melakukan olah TKP di perlintasan kereta api tanpa pintu di Desa Balongwono, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Selasa (30/8/2022).

"Tegak lurus ke arah rel, ban motor jadi susah melintas. Terpleset, roda enggak ada traksi. Bisa jatuh dan posisinya sangat berbahaya," katanya. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, berkendara aman untuk menyeberang perlintasan kereta api diawali memperhatikan kondisi sekitar. 

Lokasi pelintasan kereta yang dilengkapi palang pintu atau tidak, tetap menyimpan risiko yang berbahaya. 

Baca juga: Pemotor, Waspada Jalan Licin Saat Hujan Baru Turun

Menurutnya, mendekati pelintasan sebaiknya mata fokus ke arah kanan atau kiri. Keberadaan kereta api yang mendadak membuat pengendara tidak bisa menghindar. 

Perlintasan kereta api di Kaliombo, Kediri, Jawa Timur.KOMPAS.com/M.AGUS FAUZUL HAKIM Perlintasan kereta api di Kaliombo, Kediri, Jawa Timur.

"Human error paling sering. Selain menerobos palang pintu pelintasan, banyak orang di Indonesia tidak peka terhadap bahaya. Rel kereta api yang traffic-nya padat risikonya berkali-kali lipat lebih," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com