Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekian Harga Kuras Oli Transmisi Mobil Matik

Kompas.com - 11/02/2023, 16:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga performa transmisi mobil matik agar selalu prima, ada beberapa opsi servis yang bisa dilakukan. Salah satunya flushing atau kuras oli transmisi.

Berbeda dengan ganti oli transmisi standar, mesin bagian dalam transmisi akan dicuci dan dibilas menggunakan oli khusus ketika flushing.

Menurut Ekowati, technical leader dari Auto2000 Kalimalang, proses flushing transmisi harus dilakukan di bengkel. Proses ini juga terbilang cukup mudah dan ringkas.

"Ketika flushing akan disiapkan alat khusus, namanya ATF Changer. Disiapkan juga drum yang isinya lubricant (pelumas) khusus transmisi, namanya ATF oil," kata pria dengan sapaan akrab Mas Eko itu.

Mesin ATF changer digunakan untuk menguras sekaligus membilas bagian dalam transmisi dengan pelumas ATF. Biasanya proses pengurasan dan pembilasan itu dilakukan sebanyak 2 kali atau lebih, tergantung dari jenis mobil.

Baca juga: Berapa Hitungan Kilometer Mobil Matik Perlu Flushing Oli?

Mesin ATF Changer untuk flushing transmisi mobil matikKOMPAS.com/daafa Mesin ATF Changer untuk flushing transmisi mobil matik

Mengenai harga, mas Eko menjelaskan, biaya jasa flushing transmisi di Auto2000 sama untuk semua mobil. Variasi harga terletak pada banyaknya drum pelumas yang digunakan.

"Untuk biaya jasa, semuanya sama untuk segala jenis mobil. Biaya tambahan lainnya itu tergantung jumlah drum yang dipakai," ujarnya.

Biaya jasa yaitu Rp 300.000, sedangkan biaya per drum pelumas adalah Rp 400.000. Setiap drum memiliki kapasitas 4 liter.

Dia mencontohkan proses flushing pada Toyota Agya dan Toyota Kijang Innova. Proses pengerjaan flushing pada keduanya serupa.

Bedanya adalah Flushing Agya membutuhkan 2 drum pelumas, sedangkan Kijang Innova membutuhkan 3 drum pelumas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com