Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Bikin Replika Ford Mustang Fastback, Siapkan Dana Rp 1,6 Miliar

Kompas.com - 11/02/2023, 14:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ford Mustang Fasback menjadi salah satu mobil klasik yang banyak dikagumi oleh pehobi otomotif.

Tak jarang dari mereka yang mengidamkan mobil asal produsen Amerika Serikat ini. Sayangnya, ketersediaan unit yang cukup langka membuat mobil ini sulit untuk dimiliki.

Namun bagi Anda yang ingin memiliki Ford Mustang Fastback, kini bisa diwujudkan oleh Rocket Motor Company, perusahaan yang bergerak di bidang jual beli sports car yang berkolaborasi dengan Dynawroks yang merupakan car builder mobil sport klasik.

Baca juga: Simak Deretan Mobil dan Motor yang Dipakai di Film Fast X

Saat ini Dynaworks menghasilkan tiga mobil sport klasik replika yang menyerupai bentuk aslinya. Mulai dari Ford Mustang, Shelby Cobra, hingga Chevrolet Camaro yang sedang diurus perizinannya.

“Sesuai dengan lisensi yang dimiliki oleh Dynaworks kita sudah punya tiga SK rancang bangun dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat. Salah satunya adalah Ford Mustang Fastback dari donor kendaraan BMW 530,” ucap Diggy Rahim, CFO Dynaworks, saat ditemui Kompas.com di BSD Tangerang, belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DYNAWORKS (@dyna_works)

Mobil ini sesuai dengan aturan teknis dan administrasi dari Kemenhub, kami mengikuti aturan karoseri jadi lebih ke peremajaan, atau re-creation,” lanjutnya.

Adapun semua proses pembuatan mobil dikerjakan di workshop Dynaworks, dengan rentang waktu 10 sampai 12 bulan.

“Kita mengerjakan sesuai aturan teknis, jarak sumbu harus sama, dan mesinnya dari donor BMW 530. Semua part 60 sampai 70 persen impor, body juga tidak ada yang kita ketok, semua kita datangkan langsung dari luar panel per panel. Dan kebetulan semuanya masih di produksi di Amerika Serikat,” kata Diggy.

Baca juga: Lokasi Putar Balik di Depan Gerbang Tol Karawaci Segera Ditutup

Bicara soal harga, untuk membuat mobil sport klasik replika harus mempersiapkan dana mulai Rp 1,6 miliar, tenggantung dengan spesifikasi.

“Kalau Mustang, start from Rp 1,6 miliar tergantung spesifikasinya,” ucap Diggy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com