Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Mesin Honda CRF150 dengan Verza 150

Kompas.com - 11/02/2023, 14:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda kini punya lini produk yang lengkap untuk sport, mulai Verza sampai CRF150 yang bisa dibawa untuk bertualang di jalanan non aspal.

Banyak yang mengatakan, basis mesin Honda CRF150 itu sama seperti Verza. Padahal secara harga, perbedaan keduanya cukup signifikan, yaitu selisih Rp 14 jutaan.

Sebutan basis sama ini bukan tanpa alasan, tapi secara sekilas tampilan kedua mesin jika disandingkan memang mirip. Tapi secara detail atau mendalam, keduanya punya perbedaan yang signifikan.

Baca juga: Honda CM300 Baru, Rebel dengan Sasis Berwarna

Honda Verza 150AHM Honda Verza 150

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor menjelaskan, basis mesin keduanya memang sama, tapi ada beberapa komponen yang disesuaikan.

"Memang sama, ada beberapa komponen yang disesuaikan dengan karakteristik motor tersebut," ucap Endro kepada Kompas.com, Sabtu (11/2/2023).

Endro mengatakan, komponen yang paling membedakan kedua motor tersebut adalah camshaft atau noken as. Camshaft punya tugas untuk membuka dan menutup katup (valve) di ruang pembakaran.

Baca juga: Fakta di Balik Maraknya Oknum Montir Nakal

"Ada beberapa yang lain, tapi camshaft ni yang membedakan karakteristik (mesin) antara Verza dan CRF," ucap Endro.

Gofur, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta menjelaskan lebih detail. Perbedaan dari kedua mesin bisa dilihat dari part number berbagai komponennya.

"Kalau dilihat dari part number-nya, beda semua (Verza dan CRF), harusnya dimensinya beda. Jadi serupa tapi tak sama," kata Gofur.

Bagian yang berbeda dijelaskan Gofur adalah cylinder head, camshaft. Bagian lain yang berbeda seperti per klep, piston, durasi camshaft, crankcase, crankshaft, setang piston, dan teknologi injeksi PGM-FI.

Pada PGM-FI pada CRF150L mempunyai sensor tambahan, yaitu IAT (Intake Air Temperature), MAP (Manifold Absolud Pressure), IACV (Idle Air Control Valve), dan TPS (Throttle Position Sensor).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com