Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restorasi Suzuki Jimny Generasi Pertama LJ 10 Tampil Klimis

Kompas.com - 08/02/2023, 17:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Suzuki Jimny generasi keempat di Indonesia, mendapat animo yang cukup tinggi. Banyak yang bilang Jimny merupakan produks nostalgia. Angka pesanan yang cukup tinggi membuat antrean inden mengular hingga beberapa tahun mendatang.

Hal ini cukup wajar, mengingat Suzuki Jimny sendiri memiliki besar di Indonesia. Sejak generasi pertamanya diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada 1979, Jimny sudah dikenal sebagai mobil yang memiliki kemampuan offroad.

Menariknya lagi, di balik desain kotak yang sederhana ternyata mampu menjadi sebuah ikon tersendiri bagi penggemarnya hingga kini.

Suzuki Jimny LJ 10Kompas.com/Nanda Suzuki Jimny LJ 10

Sementara itu, di pasar global, Jimny generasi pertama hadir pada 1970. Memiliki kode LJ 10, mobil ini menjadi penggerak all wheel drive (AWD) pertama yang bertarung di segmen kei-car Jepang.

SUV ikonik Suzuki generasi pertama ini dipajang di ajang The Elite Showcase, BSD, Tangerang, pada pekan lalu. Kehadiran Nya langsung menjadi obat rindu bagi pecinta otomotif di Tanah Air, khususnya penyuka mobil off road.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, restorasi LJ 10 garapan Garasi 164 Semarang ini tampil begitu klimis dengan warna cat abu tua. Tampilan fascia nya menunjukkan khas desain Suzuki Jimny dengan dua lampu besar serta bemper berwarna putih yang makin mempercantik tampilannya.

Suzuki Jimny LJ 10Kompas.com/Nanda Suzuki Jimny LJ 10

Hal lain yang unik dari LJ 10 adalah pada bagian atap dan pintu dibuat dari kanvas. Tak heran jika tampilannya membuat mobil ini menjadi cukup ikonik pada masa itu.

Semakin menarik, dari luar kami sudah bisa mengeksplore tampilan interior Jimny LJ 10. Kabin Jimny LJ 10 tampil begitu apik dan lega. Desain setir dan dasbor tampak lawas namun tetap segar.

Baca juga: Bus PO ALS Menaklukkan Kelok Lurah Berangin Pasaman

Bagian jok dilapisi kulit dengan konfigurasi tiga penumpang, hal ini lantaran Suzuki memasukkan ban cadang ke dalam kabin di bagian belakang.

Bicara soal jantung pacu, restorasi Jimny generasi pertama ini dibekali dengan mesin berkapasitas 359 cc 2 stroke 2 silinder, yang tenaganya disalurkan melalui transmisi manual empat percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com