Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebek Sporty SYM VF3i, Pesaing Berat Yamaha MX King

Kompas.com - 08/02/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor underbone di negara tetangga yaitu Filipina masih jadi segmen yang ramai. Memasuki 2023, SYM menghadirkan VF3i yang memakai mesin 185cc dan diklaim jadi yang paling bertenaga.

Dikutip dari Great Biker, SYM VF3i secara tampilan punya desain yang sporty. Memang, sekilas mirip dengan motor genre serupa seperti Honda Supra GTR atau Yamaha MX King, tapi model dari SYM lebih agresif.

Misal di bagian depan sampai belakang, banyak tarikan garis yang tajam. Tapi di bagian batok lampu, ada penambahan visor yang membuat desainnya jadi lebih macho.

Baca juga: Motor Bebek Buatan Malaguti dari Italia, Mirip Honda Supra GTR

SYM VF3i 2023, motor bebek sporty yang memakai mesin 185cc bertenaga 19,9 TKgreatbiker SYM VF3i 2023, motor bebek sporty yang memakai mesin 185cc bertenaga 19,9 TK

Pada sayap samping, terlihat bodi yang agresif, ditambah dengan permainan corak warna abu-abu dan merah. Lalu di bagian bodi samping sampai ke belakang juga dibuat sporty dengan tarikan garis tegas.

Pada sektor kaki-kaki, di bagian depan memakai suspensi teleskopik dan di belakang monoshock dengan setelan pre-load. Untuk pelek, memakai model alloy 17 inci dengan kelir emas yang memberi aura sporty-premium.

Soal dapur pacu, SYM VF3i memakai mesin 185cc yang 1 silinder yang menghasilkan 19,9 TK di 9.000 rpm dan torsi 17,4 Nm di 7.500 rpm. Pada sektor pengereman, sudah cakram ganda dengan ABS single channel (roda depan).

Baca juga: Inden Panjang, Toyota Innova Zenix Hybrid Sudah Jadi Mobil Travel


Sayang lampu depan masih memakai halogen, sedangkan lampu rem dan sein sudah LED. Fitur lain adalah speedometer yang mengombinasi antara analog dan juga digital dengan layar LCD.

SYM VF3i tersedia dalam tiga pilihan warna, merah, biru, dan hitam, semuanya ada sentuhan emas di bagian pelek. Harganya, 126.800 peso atau setara Rp 35 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com