Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Nirsentuh Tanpa Berhenti Bisa Hapus Antrean di Gerbang Tol

Kompas.com - 08/02/2023, 11:32 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana penerapan transaksi bayar tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan menghilangkan antrean di gerbang tol. Selain mengurangi kemacetan, sejumlah keuntungan juga bisa diraih melalui metode ini.

Seperti diketahui, pengendara yang melakukan tapping bisa menghabiskan waktu beberapa detik. Bila dikalikan jumlah antrean mobil, maka waktu yang terbuang di gerbang tol bisa memakan waktu hingga hitungan menit, terutama saat jam sibuk.

Tory Damantoro, Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), mengatakan, kegiatan tapping kartu uang elektronik pada alat di gerbang tol memakan waktu sekitar 5-9 detik.

Baca juga: Ini 7 Pelanggaran yang Bakal Ditindak Selama Operasi Keselamatan Candi 2023

Gerbang Tol Cikupa menjadi pintu masuk dari Jakarta menuju Banten maupun sebaliknya. Dalam waktu dekat tarif tol yang mempunyai panjang 72 km itu akan naik.Dokumentasi Astra Tol Tangerang Merak Gerbang Tol Cikupa menjadi pintu masuk dari Jakarta menuju Banten maupun sebaliknya. Dalam waktu dekat tarif tol yang mempunyai panjang 72 km itu akan naik.

"Ketika waktu tunda berkurang maka penghematan energi dan pengurangan polusi udara itu sudah secara otomatis," ujar Tory, dalam diskusi daring yang diadakan Instran pada Selasa (7/2/2023).

Menurutnya, berkurangnya waktu tunggu akan berdampak positif pada aksesibilitas kendaraan.

Insiden seperti tragedi Brexit tahun 2016, yang membuat ribuan mobil terjebak saat perjalanan mudik, menurutnya tidak akan terjadi lagi ketika MLFF digunakan.

Baca juga: Beredar Video Warga Sabotase Kamera CCTV di Jalan Raya

"Peran MLFF ini menghilangkan transaksi, jadi enggak ada lagi transaksi yang 9 detik dan itu akan meningkatkan aksesibilitas kalau aksesibilitas bisa meningkat maka waktu tempuh rata-rata perjalanan juga akan berkurang," ucap Tory.

Ia menambahkan, kelancaran jalan tol juga mempercepat realisasi rencana pemerintah yang mengejar pembangunan infrastruktur untuk ekonomi yang berkelanjutan.

"Tentu saja Ini adalah salah satu manfaat dari jalan tol, diharapkan kegiatan ekonomi kita akan tumbuh dan kemudian juga kelancaran arus lalu lintas di jalan tol berkontribusi pada kegiatan volume lalu lintas," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com