Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Melulu karena Masalah Oli

Kompas.com - 08/02/2023, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - AC pada mobil memang seharusnya diservis secara berkala untuk menjaga performa. Bila tidak demikian, lama-lama sistem pendingin kabin ini tidak akan mampu menjaga suhu udara tetap sejuk.

Selain bertujuan menjaga performa AC tetap baik, dengan dilakukan perawatan AC secara berkala diharapkan bisa menjaga keawetan komponen.

Sayangnya, tidak jarang ketika melakukan perawatan AC mobil justru ada-ada saja yang harus diganti. Padahal, performa AC sebelumnya tidak ada masalah dan bisa dikatakan masih baik.

Seperti temuan oli kompresor yang berubah warna jadi hitam katanya tanda bahwa kompresor harus diganti. Apakah benar demikian?

Baca juga: Kompresor AC Rawan Rusak Setelah Mobil Kebanjiran

Perawatan servis kompresor mobil yang bermasalah. Kompas.com Perawatan servis kompresor mobil yang bermasalah.

Pemilik Bengkel AC Mobil MF Auto Cool Fendi mengatakan oli kompresor wajarnya berwarna hijau, namun bisa berubah menjadi hitam bila terjadi penumpukan kotoran di saluran AC.

“Hitam di oli kompresor itu sebenarnya kotoran yang tertumpuk, akhirnya mengkontaminasi oli sehingga perubahan warna oli pun terjadi,” ucap Fendi kepada Kompas.com, Selasa (7/2/2023).

Dia mengatakan kotoran tersebut memang berkaitan dengan kompresor, terlebih lagi oli memang bertujuan untuk melumasi komponen tersebut.

Baca juga: Ganti Kompresor AC Persamaan Motuba Saat Onderdil Orisinal Sulit

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

“Logikanya, hanya kompresor yang bisa menghasilkan kotoran berupa serbuk logam, karena komponen ini lah yang bekerja menghasiklan gaya gesek, jadi oli kompresor yang menghitam biasa dikaitkan dengan rusaknya kompresor AC,” ucap Fendi.

Meski demikian, dia mengatakan tetap memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan kompresor rusak atau tidak.

“Biasanya kalau kompresor AC rusak juga akan muncul bunyi ngorok di kompresor, atau bisa juga membaca tekanan kompresor yang mampu dihasilkan saat memeriksa tekanan AC dengan alat,” ucap Fendi.

Baca juga: Waspada Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Bisa Diperbaiki

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

Jadi, selain melihat warna oli cara menentukan kompresor rusak atau tidak, perlu pemeriksaan menggunakan alat khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com