Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip di Indonesia, Ternyata Orang Thailand Juga Enggan Pakai Helm

Kompas.com - 06/02/2023, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bukan hanya di Indonesia yang kurang sadar pentingnya memakai helm saat naik motor, masyarakat Thailand juga masih abai dan enggan memakai helm ketika berkendara.

Dari pantauan mata Kompas.com, cukup sering terlihat pengendara motor yang tidak memakai helm di wilayah Phuket. Baik itu pengendara laki-laki maupun perempuan, dalam kondisi siang ataupun malam.

Baca juga: Gresini Racing Sapa Penggemar MotoGP Indonesia, Alex Marquez Hadir

Vice President of Thailand Honda Co. Ltd, Alaksh PhornpraphaKOMPAS.com/Gilang Vice President of Thailand Honda Co. Ltd, Alaksh Phornprapha

Vice President of Thai Honda Co. Ltd, Alaksh Phornprapha, pemegang merek Honda di Thailand mengatakan, banyak pihak termasuk Honda Thailand membuat kampanye keselamatan soal pentingnya helm, tapi tetap tidak manjur.

"Kami sudah membuat banyak kampanye mengenai pemakaian helm," kata Phornprapha saat berbincang di Phuket, Thailand, akhir pekan lalu.

"Semuanya bilang, 'Ah, ini jaraknya dekat kok' jadinya tidak pakai. Kemudian juga bilang jalannya pelan. Kadang juga perempuan tidak mau pakai karena takut rambutnya rusak dan lain-lain," kata dia.

Baca juga: Berapa Gaji Sopir Taksi Blue Bird? Begini Hitungannya

Pengendara sepeda motor di Thailand yang terlihat tidak memakai helm.Foto: Alza Ahdira Pengendara sepeda motor di Thailand yang terlihat tidak memakai helm.

Phornprapha mengatakan, padahal helm sangatlah penting. Helm melindungi bagian vital yaitu kepala. Cedera yang dialami pengendara saat kecelakaan bisa diminimalisasi jika kepala dilindungi helm.

"Helm tetaplah helm, helm melindungi nyawa bukan hanya kecelakaan. Sebab, kecelakaan kadang terjadi bukan karena diri sendiri. Kita sudah benar tapi bisa saja ada orang mabuk menabrak Anda," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com