Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Menu Ujian Praktik Kompetisi Safety Riding Motor di Thailand

Kompas.com - 03/02/2023, 11:12 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


PHUKET, KOMPAS.com - Lima instruktur keselamatan berkendara terbaik PT Astra Honda Motor (AHM) mengikuti ajang The 1st Asia & Oceania Safety Instructors Competition di Phuket, Thailand, pada 2-4 Februari 2023.

Instruktur asal Indonesia itu akan bertarung dengan perwakilan instruktur safety riding Honda lain dari 11 negara, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam, India, Bangladesh, Taiwan, Korea Selatan, dan Australia.

Baca juga: Kemenperin Kembangkan Pendidikan Vokasi Menuju Era Elektrifikasi

Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas pelatihan berkendara terbesar se-Asia TenggaraIstimewa Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas pelatihan berkendara terbesar se-Asia Tenggara

Pada kelas 150cc, AHM menurunkan Deni Surahman dan Dwi Oktawijaya menggunakan CB150R. Pada kelas 300cc ada M Zakky Zulfikar menggunakan CB300R, dan di kelas tertinggi yaitu Innovative Safety Concept dan 500cc ada Hendrik Ferianto serta M Fauzan Tanaka menggunakan CB500R.

“Persiapan fisik, mental, dan keterampilan telah dilakukan instruktur kami untuk mempersembahkan hasil terbaik bagi bangsa Indonesia," kata Andy Wijaya, GM Marketing Planning and Analysis AHM, di Thailand, Kamis (2/2/2023).

Para peserta akan diuji mengenai pengetahuan terkait keselamatan dan keterampilan berkendara dalam ujian praktik serta ujian melakukan edukasi keselamatan berkendara.

Baca juga: Kemenperin Upayakan Industri Otomotif Nasional Lebih Libatkan IKM

PT Astra Honda Motor (AHM) mengirimkan 5 perwakilan instruktur safety riding untuk bersaing di ajang The 1st Asia & Oceania Safety Instructors Competition, di Honda Safety Riding Park, Phuket, Thailand pada 2-4 Februari 2023.Foto: AHM PT Astra Honda Motor (AHM) mengirimkan 5 perwakilan instruktur safety riding untuk bersaing di ajang The 1st Asia & Oceania Safety Instructors Competition, di Honda Safety Riding Park, Phuket, Thailand pada 2-4 Februari 2023.

Sedangkan pada ujian Innovative Safety Concept, peserta diuji dalam memaparkan konsep inovasi unggulannya dalam mengampanyekan keselamatan berkendara.

Uji praktik dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pengereman (braking), slalom (course slalom), dan keseimbangan (balancing).

Khusus untuk balancing dibagi menjadi tiga seksi, yaitu dua seksi keseimbangan di kecepatan rendah dan satu seksi keseimbangan di atas papan (section plank riding).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com