Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Servis AC untuk Mobil LCGC

Kompas.com - 30/01/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Biaya servis AC secara umum dibanderol berbeda-beda, berdasarkan jenis mobil. Hal itu dikarenakan setiap model memiliki tingkat kesulitan masing-masing dalam proses servis.

Selain tingkat kesulitan, biaya servis AC mobil juga ditentukan oleh banyak sedikitnya freon yang digunakan. Misal untuk mobil double blower tentu akan membutuhkan freon lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis single blower.

Itu sebabnya, biaya servis mobil bisa beragam. Bahkan setiap bengkel AC mobil menawarkan paket biaya servis AC rutin yang berbeda-beda.

Baca juga: Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

Service Advisor PT Graha Rajasa Bengkel AC Denso Yogyakarta Andres Siswanto mengatakan, untuk mobil-mobil LCGC memang dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau karena beberapa faktor.

“Mobil LCGC seperti Ayla, Agya, Sigra, kira-kira bakal membutuhkan biaya Rp 900.000-an, harga tersebut diluar penggantian part dan PPN 11%, karena terkadang saat pemeriksaan ditemukan part yang sudah rusak,” ucap Andres kepada Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

Dia mengatakan servis AC tersebut meliputi berbagai hal yang wajib dilakukan untuk mengembalikan serta menjaga performa AC mobil.

Baca juga: Cara Mudah Supaya AC Mobil Awet

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil.

“Mulai dari bongkar pasang kompresor, kondensor, perangkat pendingin, semua itu perlu dibongkar dan dibersihkan, lalu termasuk biaya bongkar pasang dashboard, flushing, proses vakum, pengisian oli kompresor dan freon secara penuh,” ucap Andres.

Hal serupa juga disampaikan oleh Pemilik Bengkel AC Mobil MF Auto Cool Yogyakarta Fendi. Dia mengatakan biaya servis AC mobil secara rutin dipatok berdasarkan tingkat kesulitan dan bahan yang dibutuhkan.

“Untuk mobil Ayla dan Agya, dibanderol mulai Rp 700.000-an, ini lebih murah karena membutuhkan freon lebih sedikit, umumnya jenis mobil ini single blower,” ucap Fendi kepada Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Ganti Filter Kabin AC Mobil?

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

Dia mengatakan untuk mobil dengan double blower memang membutuhkan freon yang lebih banyak jadi biaya servis AC menjadi lebih mahal.

“Seperti Calya, Sigra, itu dibanderol sekitar Rp 800.000-an, harga tersebut sudah meliputi banyak hal mulai bongkar pasang, pembersihan, isi oli kompresor dan freon, beberapa part juga diganti seperti seal, filter kabin, filter sillica yang dipakai untuk menyaring freon,” ucap Fendi.

Jadi, biaya servis AC untuk mobil LCGC memang dibanderol lebih murah pada umumnya; berikut daftarnya;

Baca juga: Manfaat Servis AC Mobil secara Berkala

Toyota Agya Rp 700.000 - Rp 900.000
Daihatsu Ayla Rp 700.000 - Rp 900.000
Toyota Calya Rp 800.000 - Rp 900.000
Daihatsu Sigra Rp 800.000 - Rp 900.000

Harga yang tercantum di atas belum termasuk biaya PPN jika ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com