Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Roller dan Pulley CVT Orisinal Milik Honda PCX

Kompas.com - 29/01/2023, 10:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CVT atau Continuously Variable Transimission adalah sistem transmisi yang umum digunakan pada sepeda motor matik atau skutik. Dua komponen penting yang ada di dalam CVT adalah roller dan pulley.

Kedua komponen tersebut bisa dikatakan sebagai satu kesatuan, karena pulley sendiri merupakan wadah bagi roller. Ukuran dari pulley dan roller pun beragam, tergantung dari jenama masing-masing motor matik.

Umumnya, bengkel servis resmi tiap jenama sudah menyediakan suku cadang bagi komponen roller dan pulley.

Untuk Honda PCX misalnya, konsumen dapat melihat detail dari kedua komponen tersebut melalui katalog online yang tersedia.

Baca juga: Kenali Tanda Honda PCX Perlu Servis CVT

Diagram suku cadang Pulley dan roller CVT untuk Honda PCXKatalog online Honda Diagram suku cadang Pulley dan roller CVT untuk Honda PCX

"Konsumen bisa lihat langsung ketersediaan stok suku cadang dan memesan langsung di katalog online, ada di hondacengkareng.com ," ujar Anto Hananto selaku kepala teknisi AHASS 88 Cikupa kepada Kompas.com, Sabtu (28/1/2023).

Katalog Honda tidak hanya menyediakan data ketersediaan stok suku cadang, namun ditampakkan pula diagram pemasangan dan letak dari masing-masing komponen.

Untuk suku cadang Honda PCX di bengkel resmi, walaupun dijelaskan detail harga dari tiap-tiap suku cadang, konsumen tidak bisa membeli komponen seperti roller dan pulley secara tepisah. Keduanya harus dibeli sebagai satu set.

Baca juga: Penyebab dan Solusi Saat Indikator Suhu Mesin Motor Menyala

Pulley CVT motor Honda PCXKOMPAS.com/daafa Pulley CVT motor Honda PCX

"Sudah satu set, jadi tidak terpisah," imbuh Anto.

Di sisi harga, satu set suku cadang drive face dipatok seharga Rp 318.000. Harga tersebut sudah termasuk roller, pulley, dan komponen-komponen pendukung lainnya.

Jika dipisah, harga satuan untuk komponen roller saja adalah Rp 44.500 dan komponen pulley adalah Rp 55.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com