Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Hitungan Gaji Pramugari di Bus AKAP

Kompas.com - 23/01/2023, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai perusahaan otobus (PO) kini kian memberikan layanan dan fasilitas terbaik kepada penumpang. Misalnya seperti inovasi di armada bus antar kota antar provinsi (AKAP) dengan layanan dari pramugari. 

Selama di perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan, beberapa bus AKAP mewah kini menyertakan pramugari. Contohnya seperti PO Rosalia Indah yang mengunggulkan layanan pramugari dan pramugara dalam kelas bus premium.

Adimas Rosdian, Direktur PT Rosalia Indah Transport mengatakan, untuk gaji dari pramugari bus di perusahaanya sama seperti sopir bus, yaitu jumlah PP (pulang- pergi) dikalikan jumlah premi. Hanya saja, pria yang akrab disapa Dimas tersebut tidak bisa menyebutkan secara rinci nominalnya.

Baca juga: Anak PM Malaysia Dihalangi Pengemudi Lane Hogger di Jalan Tol


"Kalau bus premium itu tidak ada kenek, susunannya pramugari satu dan sopir dua. Gaji juga dihitungnya per PP," kata Dimas beberapa waktu yang lalu kepada Kompas.com.

Untuk nominal, Dimas menegaskan jika perusahaannya telah mengatur agar bisa diterima dengan layak sesuai target dari kinerja karyawan.

Sementara itu, untuk rute yang ditempuh juga mempengaruhi jam kerja dari pramugari. Makin panjang rute, maka premi untuk satu PP lebih tinggi. Hanya saja, untuk jam kerjanya dalam sebulan akan lebih sedikit karena sudah banyak menghabiskan waktu di jalan. 

Baca juga: Travis Pastrana Pamer Livery Baru, Bentuk Penghormatan buat Ken Block

Pramugari dan pramugara PO Rosalia IndahPO Rosalia Indah Pramugari dan pramugara PO Rosalia Indah

Berbeda dengan sopir PO Rosalia Indah, sopir bus AKAP dari PO Indorent mengatakan jika penghasilan  sopir dan juga pramugari akan dibayar perbulan.

“Gaji driver di kami memakai sistem gaji UMR DKI Jakarta. Pramugari juga mendapatkan gaji masing-masing namun bukan wewenang saya untuk menyebutkan,” kata sopir PO Indorent bernama Rudi tersebut kepada Kompas.com.

Untuk jam kerja awak bus, Rudi mengatakan jika ditempatnya menerapkan 4 PP kerja 2 PP libur dalam sebulan, atau hitungannya 8 hari kerja 4 hari libur.

“Misalnya tanggal 1 jalan sampai tanggal 8. Tanggal 9 libur sampai tanggal 12. Tanggal 13 kerja lagi sampai tanggal 20. Tanggal 21 libur sampai tanggal 24 dan seterusnya,” kata Rudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.