Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2023, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah memperkenalkan E01 sejak IMOS 2022. Tapi mengenai kapan akan diluncurkan, tampaknya masih belum dalam waktu dekat.

Yamaha sendiri saat ini masih melakukan penelitian penggunaan motor listrik konsep ini kepada masyarakat Indonesia dan negara lain. Jadi masih dikumpulkan data-data agar Yamaha bisa mendatangkan motor listrik yang sesuai permintaan konsumen.

Dyonisius Beti, President Director PT YIMM mengatakan, POC (Proof of Concept) dari E01 diklaim sangat bagus. Banyak yang respons kalau E01 menjadi motor listrik yang paling memuaskan dalam hal feeling berkendara.

Baca juga: Orang Jakarta Bisa Tes Motor Listrik Yamaha E01, Ini Syaratnya

Yamaha E01 saat disandingkan dengan Yamaha NMAX gen pertamaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha E01 saat disandingkan dengan Yamaha NMAX gen pertama

"Proof of Concept itu kita intorduce untuk lihat respons pasar. Kenapa tidak langsung loncat ke EV, yamaha mempertimbangkan satu per satu," ucap Dyonisius di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Ada beberapa kekhawatiran ketika motor listrik berbasis baterai dari Yamaha diluncurkan. Pertama adalah soal ketersediaan baterai lalu tentang jumlah charging station di Indonesia yang masih belum banyak.

Baca juga: Merintis Pabrik Bihun Malah Jadi Karoseri Langganan Pemerintahan


"Kalau mendadak ada ribuan motor listrik yang keluar (dibeli), charging (station) itu di mana? bagaimana kalau tidak tersedia," ucap Dyonisius.

Menurutnya, peluncuran motor listrik berbasis baterai harus lihat juga perkembangan dari pemerintah. Saat ini pun belum ditargetkan 100 persen motor harus listrik, tapi bertahap.

"Tentu harus step by step, kita akan ikuti direction dari pemerintah," kata Dyonisius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.