Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Sebut Penerapan Zero ODOL Tahun Ini Masih Bertahap

Kompas.com - 19/01/2023, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan penerapan kebijakan Zero ODOL (Over Dimension Over Load) bagi angkutan barang tetap berlaku mulai 2023.

Meski begitu, penerapan Zero ODOL tampaknya belum dilakukan sepenuhnya. Kemenhub mengaku perlu mematangkannya terlebih dahulu kebijakan ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tampaknya masih berupaya mewujudkan Zero ODOL melalui sejumlah diskusi untuk menyelesaikan sejumlah kendala.

Baca juga: All New Ayla dan Agya Segera Meluncur, Pakai CVT dan DNGA

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya memotong truk ODOL, Senin (14/2/2022)KOMPAS.COM/PERDANA PUTRA Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya memotong truk ODOL, Senin (14/2/2022)

Namun demikian, ia bakal mengikuti saran dari Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur dan perhubungan, untuk meningkatkan pengawasan dan koordinasi lintas sektoral dalam mewujudkan Zero ODOL tahun 2023.

“Yang ODOL kita sedang melakukan diskusi untuk melakukan pentahapan,” ujar Budi, dalam siaran langsung Komisi V DPR RI Rapat Kerja dengan Menteri Perhubungan RI, Rabu (18/1/2023).

“Mungkin bulan ini, atau bulan apa, nanti diskusi ini kami laporkan. Atau dari Komisi V kalau ada perwakilan, ikut dalam diskusi itu,” kata dia.

Baca juga: Ulik Perbedaan Grand Filano Hybrid Versi Indonesia dan Thailand

Sebelumnya, Kemenhub telah berencana menghilangkan populasi truk ODOL sejak 2022. Tapi, langkah yang diambil belum maksimal.

Tilang secara langsung, pemotongan muatan belebih, pengetatan penerbitan KIR, sampai dipasangnya fitur Wight-in Motion (WIM) di beberapa ruas tertentu, masih minim dampak. Sidak langsung ke perusahaan terkait pun sudah pernah dilakukan, meski sesekali.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno memastikan bahwa target Zero ODOL sampai 2023 tetap berjalan. Belum ada kebijakan untuk memperpanjang atau revisinya.

Baca juga: Underpass Dewi Sartika Depok Diresmikan, Rekayasa Jalan ARH Masih Sama

Truk ODOLBUDI SETIYADI Truk ODOL

"Memang odol ini permasalahan yang tidak mudah untuk diselesaikan, tapi bukan berarti kita menyerah dengan itu,” kata Hendro (29/12/2022).

“Penangannya dilaksanakan dengan multi lembaga, instansi, tak hanya Kemenhub supaya target Zero ODOL di 2023 tercapai," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.