Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Engine Brake pada Mobil Transmisi Matik dan Manual Tidak Sama

Kompas.com - 18/01/2023, 18:12 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Engine brake merupakan istilah pengereman pada mobil yang dilakukan oleh mesin pada suatu kendaraan.

Bila pada awalnya mobil melaju karena digerakkan oleh gaya putar mesin, ini sebaliknya, bahwa mesin juga bisa menjadi penghambat untuk memperlambat laju mobil.

Nah, berhubung transmisi matik dan manual memiliki komponen penghubung putaran mesin yang berbeda, maka karakter engine brake yang ada pada masing-masing tidak sama. Lantas, apa bedanya engine brake pada mobil matik dan manual?

Baca juga: Cara Mobil Transmisi Matik Melibas Turunan dengan Engine Brake

Tuas transmisi Honda WR-VKompas.com/Donny Tuas transmisi Honda WR-V

Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Jamaludin mengatakan karakter engine brake pada mobil matik dan manual memang tidak sama.

“Memang benar engine brake bisa dilakukan dengan posisi tuas matik di 1 atau L, secara teori semakin kecil pemilihan tingkat kecepatan, maka akan semakin besar efek engine brake yang terjadi, hanya saja efek engine brake yang dirasakan akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan transmisi manual,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Rabu (18/1/2023).

Dia mengatakan hal itu bisa terjadi lantaran terdapat perbedaan pada komponen transmisi yang terpasang pada transmisi matik dan manual.

Baca juga: Cara Engine Brake Mobil Matik Saat Melewati Turunan

Tuas transmisi mobil matik- Tuas transmisi mobil matik

“Mobil matik menggunakan torque converter, berbeda dengan mobil manual yang menggunakan kopling kering, sehingga pada mobil matik akan terdapat selip yang membuat engine brake tidak sama besar dengan mobil manual,” ucap Jamal.

Meski tidak seoptimal pada mobil manual, engine brake pada mobil matik justru bisa disetel, apakah mau dibikin ada atau tidak ada sama sekali.

“Pada transmisi otomatis, efek engine brake dapat diatur menggunakan scanner, kuat, normal atau tidak ada engine brake sama sekali, tapi ya memang tidak sama persis dengan engine brake di mobil manual,” ucap Jamal.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Melewati Tanjakan

Tuas transmisi Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Tuas transmisi Daihatsu New Sirion

Tapi, pengaturan engine brake ini tidak boleh sembarangan. Menurut Jamal, sebaiknya penyetelan dilakukan sesuai dengan saran pabrikan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.