Kompas.com - 17/11/2022, 17:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Berkendara di jalan turunan panjang atau pegunungan membutuhkan teknik dan skill yang baik. 

Hal tersebut untuk mencegah rem mengalami malfungsi karena panas berlebihan, terlebih untuk mobil transmisi matik

Trik yang harus dikuasai adalah memahami teknik engine brake. Jika dilakukan secara benar, penggunaan rem bisa dimaksimalkan. 

Baca juga: Peran Penting Shift Lock pada Mobil Matik 

Hermas E Prabowo, Pemilik Bengkel Worner Matic menjelaskan, teknik pengereman kendaraan yang terlalu memaksa berpeluang besar memicu minyak rem cepat mendidih. 

Tombol relase button mobil matik untuk fitur keamananDicky Aditya Wijaya Tombol relase button mobil matik untuk fitur keamanan

"Minyak rem mendidih memicu terciptanya gelembung udara di sistem pengereman. Jika sampai teralirkan sampai piston, rem bisa macet. Jadi, harus di imbangi mengurangi percepatan gigi transmisi bertahap, agar membantu kinerja rem," kata Hermas kepada Kompas.com, Kamis (17/11/2022). 

Aturan memainkan transmisi ada langkah-langkahnya. Pertama, Hermas menjelaskan, kuncinya adalah memperkirakan panjang turunan, hal itu agar komposisi gigi transmisi seimbang dengan putaran mesin. 

Berikutnya, transmisi diturunkan secara bertahap. Menurut dia, jeda perpindahan tiap gigi menimbulkan hentakan untuk menahan laju mobil. 

"Posisi awal dari gigi D, diturunkan bertahap, urut dari D-3, kemudian ke 2,  baru ke 1 atau L. Jika dirasa mesin mobil seperti ada efek menahan laju kendaraan, posisi gigi ditahan terlebih dahulu. Jadi seperti ada pola perhitungannya, hal itu untuk memberikan efek hentakan, tujuannya mengurangi kecepatan secara otomatis," ucapnya. 

Baca juga: Mengenal Fungsi Overdrive pada Mobil Matik

Papan transmisi mobil matik model zig zagDicky Aditya Wijaya Papan transmisi mobil matik model zig zag

Hentakan-hentakan setiap gigi tersebut, otomatis mengurangi kecepatan mobil agar tak meluncur ke bawah di luar kendali. 

Teknik kedua adalah menggunakan gigi rendah sejak sebelum melintasi jalan turunan. Caranya adalah, menempatkan posisi gigi transmisi di 1 atau L. 

Baca juga: Toyota Pamerkan Mobil Konsep bZ Compact SUV

"Langsung pasang gigi rendah agar laju mobil terkendali, jadi tidak membutuhkan pengereman berlebihan. Mesin otomatis menahan kecepatan mobil," kata dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.