Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembangan Pabrikan Jepang di MotoGP Mulai Tertinggal

Kompas.com - 13/01/2023, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada MotoGP musim lalu, pabrikan asal Jepang bisa dibilang mulai tertinggal dari merek Eropa. Ketika itu, tim Ducati, Aprilia, dan KTM tak jarang mendominasi pabrikan Jepang.

Direktur Teknis Aprilia Romano Albesiano, mengungkap alasan mengapa merek-merek asal Jepang mulai keteteran di MotoGP.

Seperti diketahui, pada MotoGP 2022, pabrikan Eropa akhirnya kembali menjuarai balap lewat Ducati, setelah menunggu 15 tahun.

Baca juga: ARRC Kembali ke Indonesia, Balapan di Sirkuit Mandalika

Ekspresi pebalap Ducati Francesco Bagnaia setelah dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2022. Bagnaia dipastikan menjadi juara dunia seusai merampungkan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (6/11/2022).AFP/JOSE JORDAN Ekspresi pebalap Ducati Francesco Bagnaia setelah dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2022. Bagnaia dipastikan menjadi juara dunia seusai merampungkan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (6/11/2022).

Moncernya Ducati pada musim lalu terbukti lewat piala dari 3 kategori sekaligus alias triple crown, yang meliputi juara konstruktor, juara tim, dan juara pebalap melalui Francesco Bagnaia.

Tak hanya Ducati, Aprilia juga menjelma menjadi tim yang sangat mengerikan. Musim 2022 lalu, pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, sukses menyegel tempat keempat lewat torehan 212 poin.

Termasuk rekan setimnya, Maverick Vinales, juga tampil baik dengan meraih tempat ke-11 dengan raihan 122 poin.

Baca juga: Golongan Kendaraan yang Dikenakan ERP, Kendaraan Listrik Juga Bayar

Albesiano mengatakan, salah satu keunggulan merek-merek Eropa dibandingkan Jepang adalah pengembangan motor MotoGP.

"Mentalitasnya beda, filosofi beda. Kita dapat mengatakan bahwa, orang Jepang mengambil 'risiko lebih sedikit',” ujar Albesiano, dilansir dari Motosan (12/1/2023).

“Sebagai orang Eropa, kita mungkin lebih berani memperkenalkan hal-hal baru, nilai-nilai baru. Kami mengambil lebih banyak risiko dan terus mendorong proses pengembangan ke depan," kata dia.

Baca juga: Pabrik Tesla di Indonesia, Sudah Menyentuh Kesepakatan Awal

Joan Mir saat tes pramusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.Dok. MotoGP Joan Mir saat tes pramusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Albesiano menjelaskan, orang Jepang bekerja dengan cara yang sangat hati-hati untuk meminimalisasi kesalahan sekecil apa pun. Namun, cara itu kadang berhasil dan kadang tidak.

"Orang Jepang sangat berhati-hati dalam pengembangan untuk menghindari masalah apa pun," kata Albesiano.

"Itu jelas positif di beberapa area dan sangat bagus untuk keandalan secara umum, tetapi jelas itu akan memperlambat pengembangan (motor MotoGP)," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.