Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Test Rider Honda Stefan Bradl Mau Dibajak KTM

Kompas.com - 10/01/2023, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap asal Jerman, Stefan Bradl, telah menjadi test rider bagi Honda Racing Corporation (HRC) sejak 2018.

Bradl terkadang juga berperan sebagai pebalap pengganti, ketika pebalap Repsol Honda dan LCR Honda ada yang tidak bisa menjalani balapan.

Peran sebagai pembalap pengganti paling lama dijalani Stefan Bradl kala menggantikan Marc Marquez sepanjang MotoGP 2020.

Baca juga: Ini 25 Ruas Jalan di Jakarta yang Direncanakan Jadi Jalan Berbayar

Stefan Bradl saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)RONNY HARTMANN Stefan Bradl saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

Bisa dibilang saat itu menjadi tahun tersibuk bagi pebalap asal Jerman. Bahkan, Bradl sampai merasa seperti pebalap reguler di tim pabrikan, yang juga berperan sebagai test rider.

Namun, MotoGP 2023 menjadi tahun terakhirnya dalam kontrak sebagai test rider HRC. Kini, beredar kabar bahwa Bradl enggan memperpanjang kontraknya karena target yang tinggi dari HRC.

Termasuk juga masalah-masalah yang ada pada riset Honda RC213V dibebankan kepadanya. Membuat beban kerja Bradl yang hanya pebalap penguji semakin tinggi.

Baca juga: Ini Jalan di Indonesia yang Paling Sulit Dilewati Menurut Sopir Bus

Dilansir dari Corsedimoto (9/1/2023), Stefan Bradl kabarnya akan pindah sebagai test rider KTM Factory Racing mulai MotoGP 2024 dan seterusnya.

Alasannya, lantaran KTM membutuhkan sosok yang lebih muda sebagai penguji untuk menggantikan Dani Pedrosa dan Mika Kallio.

“Kita lihat perkembangan enam bulan ke depan. Jika ada minat, kita bisa bicara pada waktu yang tepat. Saat ini tidak ada lagi yang bisa dikatakan,” kata Bradl.

Baca juga: Ingat, 28 Akses Gerbang Tol di Jakarta Berlaku Ganjil Genap

Pebalap penguji Repsol Honda yang saat ini tengah menggantikan Marc Marquez, Stefan Bradl.AFP/JOE KLAMAR Pebalap penguji Repsol Honda yang saat ini tengah menggantikan Marc Marquez, Stefan Bradl.

Apabila Bradl benar-benar akan pindah ke KTM, Honda tentunya bakal kesulitan mencari pebalap yang memiliki kapasitas sebagai test rider.

Mantan pebalap Honda, seperti Jorge Lorenzo, Casey Stoner, dan Dani Pedrosa, sudah sangat berumur saat ini.

Di samping itu, Honda sebetulnya punya test rider Tetsuta Nagashima. Akan tetapi, pebalap asal Jepang itu yang masih minim pengalaman dengan motor MotoGP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.