Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Galant Hiu Jadi VR4, Tampil Ganteng dan Agresif

Kompas.com - 02/01/2023, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mistubishi Galant menjadi sedan yang cukup banyak digemari pada era 1980-an dan 1990-an, lantaran memiliki desain yang sporty dan punya performa kencang.

Terutama bagi kaum pria, tak sedikit dari mereka yang mengimpikan mobil ini untuk sakadar koleksi atau dijadikan bahan modifikasi.

Seperti contoh yang dilakukan Deva Nugraha. Pria yang akrab disapa Deva ini awalnya sengaja meminang Mitsubishi Galant lansiran 2000 atau yang kerap disebut Galant Hiu, lantaran penasaran dengan performa turbo berpenggerak all wheel drive (AWD) yang dimiliki sedan Jepang ini.

Baca juga: Bikin Mobil Tetap Prima Usai Liburan, Ini Daftar Pengecekannya

Selain itu, menurut Deva mobil ini memiliki nilai investasi, dan bisa menghasilkan tenaga yang besar. Terlebih lagi, bagian interior terbilang nyaman untuk pengemudi dan penumpang.

Modifikasi Mitsubishi Galantinstagram.com/devanugrahaa__ Modifikasi Mitsubishi Galant

“Sebenarnya saya cuma melanjutkan mobil ini, bukan bangun dari awal. Awalnya asal mobil ini dari Semarang, Kebetulan saya lagi ingin coba mobil turbo berpenggerak AWD,” ucap Deva, saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/1/2023).

“Kebetulan pas nyari ini mobil baru saja di posting, dijual di e-commerce. Cek barang, nego langsung ambil. Cuman ternyata banyak spek yang tidak sesuai sama deskripsi, akhirnya saya overhaul dan rapikan,” lanjutnya.

Pria berusia 23 tahun itu pun memilih konsep street race atau balap kanebo untuk modifikasi Galant miliknya.

“Melihat dari bentuk front end yang garang, saya rasa streetrace merupakan konsep yang paling cocok dengan mobil ini,” kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Deva Nugraha Artha (@devanugrahaa__)

Di bagian eksterior, Deva mengubah warna asli yang semula silver menjadi Nardo Grey. Kemudian, body juga telah di convert ke VR4, terlihat dari bumper belakang, over fender, rear spoiler dan kap mesin ‘jenong’ ala Galant VR4.

Pria asal Ubud ini juga sudah mengganti sektor kaki-kaki dengan ISC coilover, pelek Prodrive R18 lebar 8.5 dengan Big Brake Kit (BBK) brembo 6 pot disc 355mm.

“Kalau interior masih orisinal, hanya ditambah gauge untuk memantau indikator seperti fuel press dan lain,” kata dia.

Pada sektor jantung pacu, Deva sudah mengubah mesin Galant VR4 6A13TT, kopling ACT, APEXI intercooler, SARD fuel regulator dan komponen kecil lainnya untuk menunjang performa mobil ini.

Modifikasi Mitsubishi Galantinstagram.com/devanugrahaa__ Modifikasi Mitsubishi Galant

Baca juga: STNK Mati 5 Tahun dan 2 Tahun Tidak Diperpanjang Kendaraan Jadi Bodong

Adapun proses modifikasi mobil ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 bulan untuk overhaul. Sayangnya, Deva tidak menyebutkan secara rinci berapa biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan tampilan streetrace ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.