Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitsubishi Galant Hiu Jadi VR4, Tampil Ganteng dan Agresif

JAKARTA, KOMPAS.com - Mistubishi Galant menjadi sedan yang cukup banyak digemari pada era 1980-an dan 1990-an, lantaran memiliki desain yang sporty dan punya performa kencang.

Terutama bagi kaum pria, tak sedikit dari mereka yang mengimpikan mobil ini untuk sakadar koleksi atau dijadikan bahan modifikasi.

Seperti contoh yang dilakukan Deva Nugraha. Pria yang akrab disapa Deva ini awalnya sengaja meminang Mitsubishi Galant lansiran 2000 atau yang kerap disebut Galant Hiu, lantaran penasaran dengan performa turbo berpenggerak all wheel drive (AWD) yang dimiliki sedan Jepang ini.

Selain itu, menurut Deva mobil ini memiliki nilai investasi, dan bisa menghasilkan tenaga yang besar. Terlebih lagi, bagian interior terbilang nyaman untuk pengemudi dan penumpang.

“Sebenarnya saya cuma melanjutkan mobil ini, bukan bangun dari awal. Awalnya asal mobil ini dari Semarang, Kebetulan saya lagi ingin coba mobil turbo berpenggerak AWD,” ucap Deva, saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/1/2023).

“Kebetulan pas nyari ini mobil baru saja di posting, dijual di e-commerce. Cek barang, nego langsung ambil. Cuman ternyata banyak spek yang tidak sesuai sama deskripsi, akhirnya saya overhaul dan rapikan,” lanjutnya.

Pria berusia 23 tahun itu pun memilih konsep street race atau balap kanebo untuk modifikasi Galant miliknya.

“Melihat dari bentuk front end yang garang, saya rasa streetrace merupakan konsep yang paling cocok dengan mobil ini,” kata dia.

Pria asal Ubud ini juga sudah mengganti sektor kaki-kaki dengan ISC coilover, pelek Prodrive R18 lebar 8.5 dengan Big Brake Kit (BBK) brembo 6 pot disc 355mm.

“Kalau interior masih orisinal, hanya ditambah gauge untuk memantau indikator seperti fuel press dan lain,” kata dia.

Pada sektor jantung pacu, Deva sudah mengubah mesin Galant VR4 6A13TT, kopling ACT, APEXI intercooler, SARD fuel regulator dan komponen kecil lainnya untuk menunjang performa mobil ini.

Adapun proses modifikasi mobil ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 bulan untuk overhaul. Sayangnya, Deva tidak menyebutkan secara rinci berapa biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan tampilan streetrace ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/02/140200615/mitsubishi-galant-hiu-jadi-vr4-tampil-ganteng-dan-agresif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke