Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Kalisari Punya 6 Bus Baru Besutan Tentrem

Kompas.com - 02/01/2023, 11:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Menyambut tahun baru 2023, perusahaan Otobus (PO) Kalisari Citra Jaya baru saja menambah 6 bus baru.

Bodi bus terbaru dari PO asal Surabaya tersebut menggunakan Max Facelift besutan Karoseri Tentrem.

Max Facelift merupakan bodi bus produksi Tentrem yang paling umum atau banyak digunakan oleh PO di Indonesia. Bodi max cocok untuk bus yang menggunakan mesin depan. Keenam bus anyar dari PO Kalisari ini menggunakan sasis bus Mercedes Benz OF 1623.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap di 25 Ruas Jalan Jakarta Tetap Berlaku

Secara tampilan luar, pada bagian samping bus masih identik dengan ciri khas PO Kalisari, yaitu dominasi kelir putih dan aksen pola berbentuk intan berwarna merah dan oranye.

Ubahan yang mencolok yaitu ada pada bagian depan bus. dengan sentuhan aksen hitam di bawah kaca tidak hanya sekedar garis lurus saja.

Siluet gril dan bumper juga terlihat lebih melengkung ke atas. Kemudian untuk kaca spion dan juga lampu-lampu bagian depan alami perubahan sehingga lebih modern.

Selayaknya mobil zaman sekarang, bus ini hadir dengan lampu utama dan sein yang terpisah dan secara ukuran lebih minimalis. Jadi, bagian bawah ada lampu utama, sedangkan pada bagian atas, yang berbentuk menyerupai alis, merupakan lampu sein.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Tentrem Sejahtera (@tentrembusofficial)

Kendati ada beberapa perubahan baik dari depan, samping, sampai belakang, namun bus ini tetap membawa desain khas Max Facelift.

Pada bagian kabin, jika biasanya pada bagian tangga menggunakan gabungan plat border alumunium dan juga lantai parket. Tangga bus baru ini secara keseluruhan di lapisi alas plat bordes aluminium.

Baca juga: Truk Tidak Bisa Selamanya Diandalkan Jadi Kendaraan Logistik

Selain itu, di sisi kanan penumpang, tepatnya di belakang kursi pengemudi dipasang TV untuk sistem hiburan selama perjalanan.

Lalu bangku pada bagian penumpang disusun dua kanan dan dua kiri (2-2) serta sudah dilengkapi dengan seat belt.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.