Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Rem Blong, Periksa Ini Sebelum Perjalanan

Kompas.com - 01/01/2023, 19:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Liburan Tahun Baru telah selesai, kini banyak masyarakat sedang mempersiapkan diri untuk kembali ke kota asalnya.

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan balik menggunakan mobil, tetap hati-hati dan waspada terhadap performa mobil yang digunakan. Pasalnya, segala sesuatu bisa terjadi termasuk rem blong.

Rem blong kerap menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Tidak hanya terjadi pada kendaraan seperti bus dan truk, mobil-mobil pribadi juga bisa mengalami rem blong.

Baca juga: Langkah Antisipasi Rem Blong saat Turunan Panjang

Lantas, apakah ada cara untuk mengantisipasi terjadinya rem blong sebelum melakukan perjalanan jauh?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan langkah antisipasi untuk menghindari rem blong bisa dilakukan sebelum perjalanan.

“Sebelum perjalanan periksa level minyak rem, jangan sampai minyak rem dalam kondisi kurang, karena dengan berkurangnya volume minyak rem bisa menandakan telah terjadi sesuatu di dalam sistem rem mobil,” ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (1/1/2023).

Dia mengatakan berkurangnya minyak rem bisa menandakan terdapat kebocoran minyak rem, dan ini bisa menyebabkan rem blong bila sampai minyak rem habis.

Baca juga: Kejadian Lagi, Kecelakaan Truk di Muara Rapak Diduga Rem Blong

“Bila minyak rem berkurang, langkah selanjutnya adalah perlu memeriksa apaah ada kebocoran minyak rem atau tidak, karena kalau sampai ada kebocoran dan membuat minyak rem habis maka fungsi rem tidak akan bekerja secara optimal,” ucap Didi.

Dia juga mengatakan berkurangnya minyak rem bisa menandakan kampas rem telah menipis sehingga sebelum melakukan perjalanan Anda perlu mengganti kampas rem terlebih dulu untuk keamanan.

“Level minyak rem yang berkurang bisa menjadi tanda kampas rem sudah tipis, maka sebaiknya kampas rem diperiksa, apakah perlu diganti atau tidak, bila memang tipis maka penggantian sebaiknya dilakukan sebelum perjalanan,” ucap Didi.

Baca juga: Sering Terjadi Rem Blong, Kapan Waktu Ideal Ganti Minyak Rem?

Hal serupa juga disampaikan oleh Foreman Nissan Bintaro Ibrohim. Dia mengatakan bahwa antisipasi mencegah rem blong bisa dilakukan dengan memeriksa ketebalan kampas rem dan level minyak rem.

“Sebelum perjalanan perlu memeriksa level minyak rem, ketebalan kampas rem dan kerja boster, tapi jika sehari-harinya rem terasa normal, cukup periksa minyak rem dan ketebalan kampas,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (1/1/2023).

Dia mengatakan perlu lebih berwaspada bila rasa saat menginjak pedal rem mulai berbeda dengan hari-hari biasanya karena mungkin saja itu tanda booster rem bermasalah.

Baca juga: Pahami Fenomena Vapour Lock, Salah Satu Jenis Rem Blong

“Bila pedal rem terasa lebih keras dari biasanya, maka bisa saja itu tanda booster rem sudah lemah, karena kerjanya kurang optimal dalam membantu menambah gaya pengereman,” ucap Ibrohim.

Jadi, ada tiga langkah antisipasi terjadinya rem blong sebelum Anda melakukan perjalanan balik dari libur Natal dan Tahun Baru. Mulai dari memeriksa level minyak rem, ketebalan kampas rem dan fungsi dari booster rem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com