Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Ganjil Genap dan One Way di Puncak Hari Ini, Arah Jakarta Mulai 11.30 WIB

Kompas.com - 01/01/2023, 12:06 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diberlakukan penutupan sementara sehubungan dengan perayaan malam Tahun Baru 2023, kini jalur di Puncak Bogor kembali dibuka pada Minggu, 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB.

Sehingga seluruh pengendara yang akan mengarah ke Cianjur atau Bandung, tidak perlu melewati jalur alternatif via Jonggol maupun bia Sukabumi lagi.

Namun dalam upaya meminimalisir kepadatan, rekayasa lalu lintas masih tetap berlaku. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021.

Baca juga: 8 Juta Orang Bepergian dengan Angkutan Umum Selama Nataru

Situasi arus kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau macet jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Jumat (23/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau macet jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Jumat (23/12/2022).

Di mana, Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup jalur menuju Puncak Bogor dan pembatasan mobilitas melalui one way serta ganjil genap di jalur Puncak pada hari libur nasional.

Melansir media sosial TMC Polres Bogor, @Tmcpolresbogor, pemberlakuan sistem ganjil genap di jalur Puncak Bogor berlaku sejak hari Jumat pukul 14.00 WIB sampai Minggu, pada pukul 24.00 WIB.

Sedangkan sistem buka tutup dan one way jalur Puncak Bogor hari ini bersifat adaptif dengan melihat kondisi lalu lintas terbaru.

Namun secara umum, diberlakukan satu arah ke Jakarta atau dua arah pada pukul 07.30 WIB sampai 08.00 WIB. Kemudian satu arah untuk arus menuju Bandung di pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Baca juga: Sandiaga Uno Minta Transportasi buat Industri Pariwisata Harus Aman

Sementara satu arah menuju Jakarta dilakukan pada pukul 11.30 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Sebagai tambahan, khusus periode libur Natal dan Tahun Baru 2022/23, terdapat posko utama Operasi Lilin Lodaya yang berada di Mako Polres Bogor, di Simpang Gadog, Ciawi, Megamendung, Cisarua.

Lalu di Rindu Alam, Cijeruk, Babakanmadang, Sukaraja, Cibinong, Citereup, Gunungputri, Cileungsi, Jonggol, Ciampea, Parung, dan Parungpanjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com