Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi, Kecelakaan Truk di Muara Rapak Diduga Rem Blong

Kompas.com - 28/12/2022, 07:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar kembali terjadi di Muara Rapak, Balikpapan, Selasa (27/12/2022).

Seperti diketahui, kawasan ini kerap memakan korban jiwa. Paling membekas di ingatan adalah tabrakan beruntun yang terjadi awal 2022 lalu. Tragedi ketika truk menabrak puluhan kendaraan lain yang berada di depannya hingga memakan lima korban jiwa.

Kali ini, kecelakaan di kawasan tersebut menimpa truk molen yang menabrak punggung truk molen lainnya hingga mengakibatkan sopir meninggal dunia.

Baca juga: Malaysia Ingin Amandemen UU, Balap Liar Bisa Didenda Rp 35 Juta

Dikutip dari Regional Kompas.com, Selasa (27/12/2022), hasil penyelidikan sementara dengan himpunan keterangan sejumlah saksi, kejadian tersebut bermula saat truk bernopol AB 9034 AK bermuatan bahan pengecoran dari PT Fortuna Ready Mix ini datang dari arah Batu Ampar menuju kawasan Balikpapan Barat.

Sesampainnya di lokasi kejadian, truk diduga mendadak mengalami gagal fungsi pada rem.

Truk dari atas hilang kendali terus dia menabrak angkot dulu di atas. Engak lama dia banting setir ke kiri ke lokasi proyek pelebaran jalan ini,” ucap Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Ropiyani.

Kemudian, truk kembali menghantam trotoar yang baru saja dikerjakan, lalu melaju lurus dan berujung menghantam truk molen milik PT Anugerah Jaya Beton (AJB) yang hendak bongkar muat di proyek pelebaran jalan Rapak tersebut.

Kejadian rem blong pada truk hingga mengakibatkan kecelakaan fatal sampai mengakibatkan banyak korban jiwa bukan pertama kali terjadi.

Ahmad Wildan, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membagikan pengalamannya selama melakukan investigasi truk dan bus, yang mengalami rem blong.

Dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Wildan, Selasa (27/12/2022), ia menjelaskan bahwa kampas rem yang digunakan oleh truk dan bus bisa menjadi penyebab rem blong karena brake fading.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.