Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rekayasa Lalu Lintas di Lembang Jelang Malam Tahun Baru 2023

Kompas.com - 31/12/2022, 12:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diserbu para wisatawan jelang momen pergantian Tahun Baru 2023.

Pihak kepolisian memprediksi wisatawan mulai berdatangan lagi ke kawasan wisata Lembang pada Jumat (30/12/2022) sore dan puncaknya akan terjadi pada Sabtu (31/12/2022).

“Menurut informasi dan berkaca dan libur-libur sebelumnya, kepadatan di kawasan Lembang akan terjadi pada Jumat, Sabtu, dan Minggu,” ujar Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Sudirianto, dikutip dari NTMC Polri, Jumat (30/12/2022).

Baca juga: Sistem One Way di Serpong dan Pamulang Berlaku Efektif Awal 2023

Berdasarkan pantauan di lokasi pada Sabtu dan Minggu sepekan lalu atau pada momen libur Natal, jumlah kendaraan yang masuk ke Lembang dari arah Bandung pada hari Sabtu (24/12/2022) sebanyak 9.484 kendaraan. Sementara pada Minggu (25/12/2022) sebanyak 5.619.

“Terjadi penurunan karena Minggu itu bertepatan dengan Natal. Tapi kita prediksi pada minggu ini akan ada lonjakan lagi kunjungan ke Lembang,” ucap Sudirianto.

Pihaknya sendiri sudah menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas menghadapi potensi lonjakan kunjungan wisatawan, termasuk dengan menempatkan personel di Lembang.

Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Bandung Barat, Sabtu (14/5/2022).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Bandung Barat, Sabtu (14/5/2022).

“Kita sudah tempatkan personel dibantu Sabhara dan TNI. Kalau ada kepadatan, maka cara bertindak (CB) yang dilakukan itu adalah one way. Apabila (one way) tidak mengurangi, akan dilakukan pengalihan arus,” kata Sudirianto.

Di tengah cuaca ekstrem yang terjadi di Bandung Raya termasuk Lembang dalam beberapa hari belakangan, pihaknya juga meminta agar wisatawan turut waspada terutama saat lewat di jalur alternatif menuju Lembang.

“Jalur alternatif yang rawan longsor itu seperti Cisarua, Dago, dan Maribaya. Kami sudah koordinasi dengan BPBD dan Dinas PUPR KBB, meminta agar disediakan alat berat tidak jauh dari Lembang. Sehingga ketika nanti ada bencana seperti longsor bisa segera ditangani untuk kelancaran arus lalu lintas. Mudah-mudahan tidak terjadi bencana,” ujar Sudirianto.

Sementara itu, Polres Cianjur juga mulai menyiagakan personel di sejumlah titik rawan kecelakaan dan kemacetan di momen perayaan tahun baru 2023.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.