Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Suzuki Jimny LWB | Puncak Mulai Macet | Pentingnya Geber Mobil

Kompas.com - 31/12/2022, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar mengenai kehadiran Suzuki Jimny Long Wheel Base (LWB) menarik banyak pembaca. SUV ringkas tersebut dikabarkan akan segera meluncur pada pertengahan Januari 2023.

Selain itu, informasi terkait lalu lintas di Puncak Bogor, Jawa Barat, yang mulai macet juga banyak diminati. Diketahui, kemacetan terjadi karena banyaknya orang yang ingin berlibur di malam Tahun Baru.

Selain kedua berita tersebut, tips mengenai perawatan mobil juga masih banyak dibaca. Salah satunya tentang pentingnya sesekali menggeber mobil untuk kesehatan mesin.

Baca juga: Paket Modifikasi Suzuki Jimny Ceper dan Jangkung dari Jepang

Berikut ini deretan lima artikel otomotif terpopuler, Jumat (30/12/2022):

1. Suzuki Jimny LWB Meluncur Pertengahan Januari 2023

Suzuki Jimny Long alias Jimny 5-door tertangkap kamera tanpa sticker kamuflaseDok. Autocarindia.com Suzuki Jimny Long alias Jimny 5-door tertangkap kamera tanpa sticker kamuflase

Beberapa kali Suzuki sudah kedapatan sedang mengetes Jimny 5-door atau Long Wheel Base (LWB). Belum lama ini, dikabarkan bahwa mobil tersebut siap meluncur.

Dikutip dari Motor1.com, Kamis (29/12/2022), Suzuki diyakini akan memamerkan SUV tersebut ke publik pada 13 Januari 2023. Bertepatan dengan pameran otomotif Auto Expo di India.

Baca juga: Suzuki Jimny LWB Meluncur Pertengahan Januari 2023

2. Modal Segini Bisa Ubah Mobil Transmisi Manual Jadi Matik

Transmisi manual butuh penggantian oli secara teratur.IST Transmisi manual butuh penggantian oli secara teratur.

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio, mengatakan, beberapa pemilik mobil meminta kepadanya untuk mengubah mobil manual menjadi mobil matik karena mobil tersebut ingin digunakan oleh istrinya.

Dia mengatakan pengubahan transmisi manual menjadi matik bisa dilakukan dengan mengganti transmisi satu set.

Baca juga: Modal Segini Bisa Ubah Mobil Transmisi Manual Jadi Matik

3. Lalu Lintas Puncak Mulai Macet, Polisi Berlakukan One Way Sepenggal

Polisi sedang mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/7/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Polisi sedang mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/7/2022).

Jelang malam tahun baru, kepadatan mulai terasa di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. Di mana arus lalu lintas menuju Jakarta di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, dilaporkan mengalami kemacetan.

Polisi menerapkan skema sistem satu arah atau One Way sepenggal, dari Simpang Gadog hingga Cipayung Megamendung.

Baca juga: Lalu Lintas Puncak Mulai Macet, Polisi Berlakukan One Way Sepenggal

4. Jalur Puncak Ditutup Saat Malam Tahun Baru, Ini Jalur Alternatifnya

Situasi arus kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau macet jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Jumat (23/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau macet jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Jumat (23/12/2022).

Polres Bogor akan memberlakukan Car Free Night (CFN) di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat saat malam tahun baru 2023. Seiring kegiatan tersebut, beberapa jalur penting di sana akan ditutup yang berlaku mulai Sabtu, 31 Desember 2022 pukul 18.00 WIB.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata menyatakan bahwa penutupan dan pemberlakuan CFN sampai 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB. Untuk pengendara yang mengarah ke Cianjur dan Bandung dimohon memperhatikan waktu keberangkatan.

Baca juga: Jalur Puncak Ditutup Saat Malam Tahun Baru, Ini Jalur Alternatifnya

5. Pentingnya Sesekali Geber Mobil untuk Kesehatan Mesin

Toyota Innova Zenix Hybrid EVKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota Innova Zenix Hybrid EV

Banyak cara melakukan perawatan pada mobil. Selain rutin melakukan servis berkala, sesekali mengeber mobil dalam kecepatan tinggi ternyata juga memiliki dampak positif bagi mesin.

Namun perlu diingat, geber mobil yang dimaksud bukan kebut-kebutan di jalan raya, melainkan hanya melajukan kendaraan lebih cepat dari biasannya.

Baca juga: Pentingnya Sesekali Geber Mobil untuk Kesehatan Mesin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com