Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Dapat 8 Unit Bus Listrik Eks KTT G20, Begini Speknya

Kompas.com - 26/12/2022, 18:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Setelah beroperasi di Surabaya, bus listrik dengan skema Buy The Service (BTS) kini turut hadir di Kota Bandung.

Senior Manager TJSL dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto, mengatakan, pengoperasian di Bandung ini merupakan kota kedua setelah Surabaya yang telah dimulai Selasa, 20 Desember 2022.

“8 bus listrik sudah kami sediakan di Bandung, dan Bandung ini kota ke dua pengoperasian bus listrik E-Inobus setelah Surabaya,” ujar Bambang, dalam keterangan tertulis (26/12/2022).

Baca juga: Sering Arogan di Jalan, Pelat Nomor Dewa Sudah Tidak Rahasia Lagi

Bus listrik medium buatan INKA sudah resmi digunakan sebagai armada Trans Semanggi SuroboyoPemkot Surabaya Bus listrik medium buatan INKA sudah resmi digunakan sebagai armada Trans Semanggi Suroboyo

Bus listrik ini merupakan armada angkutan untuk KTT G20 kemarin, yakni yang berdimensi panjang 8 meter,” kata dia.

Sebagai informasi, bus listrik berkapasitas 19 hingga 25 penumpang ini memiliki kapasitas baterai 138 kWh dengan waktu charging 1 hingga 3 jam. Dengan kapasitas tersebut, bus listrik E-Inobus mampu menempuh jarak 160 kilometer.

PT INKA (Persero) juga memproduksi charger untuk bus listrik dengan merk SETRUM yang merupakan akronim Sustainable Energy to Rejuvenate the Environment.

Baca juga: Gerbang Tol Cimanggis Arah Bogor Ditargetkan Beroperasi Awal 2023

Charger tersebut memiliki input voltage 380 Vac dengan daya output maksimum 120 kW atau 60 kW x 2.

Sementara itu, masterplan sistem transportasi massal Bandung Raya sudah dimulai secara aktif mulai Sabtu, 24 Desember 2022.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, bahwa mayoritas dari penduduk lingkungan Bandung ini menggunakan transportasi pribadi kurang lebih hampir 84 persen. Menurutnya, hal tersebut diperlukan solusi untuk mengatasi kemacetan ke depannya.

Baca juga: Sebab Munculnya Bau Gosong Saat Mobil Lewati Tanjakan

Bus Listrik Merah Putih (BliMP) hasil kolaborasi perguruan tinggi dan PT. Industri Kereta Api (INKA) siap mendukung operasional KTT G20 di Bali.DOK.Laman Kemendikbud Ristek Bus Listrik Merah Putih (BliMP) hasil kolaborasi perguruan tinggi dan PT. Industri Kereta Api (INKA) siap mendukung operasional KTT G20 di Bali.

“Dalam hitungan 20-30 tahun kalau ini dibiarkan maka pas keluar rumah semua sudah kena macet. Solusinya selanjutnya apa? Salah satunya mari perlahan-lahan mengubah gaya hidup berpindah ke transportasi publik,” ucap Emil, sapaan akrabnya.

“Transportasi massal Bandung, (khususnya) cekungan Bandung sudah dimulai dimulai hari ini dengan hadirnya rute BRT (bus rapid transit) untuk kota Bandung menggunakan 8 bus listrik yang Alhamdulillah produksi dalam negeri dari PT INKA di Jawa Timur dengan kapasitas 19 plus 5 sekitar 25-an penumpang,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com