Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hari Operasi Lilin, Polri Catat 459 Kecelakaan Lalu Lintas

Kompas.com - 26/12/2022, 17:51 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri mengungkapkan telah terjadi peningkatan arus lalu lintas keluar dan masuk wilayah Jakarta hingga hari ketiga (H+3) dimulainya Operasi Lilin 2023 yang digelar mulai Jumat (23/12/2022)

Meski begitu, arus lalu lintas secara umum diklaim berjalan lancar. Tidak terkecuali untuk arus keluar Jakarta arah Cirebon, Bandung, Ciawi, dan Merak yang meningkat sampai 17,6 persen.

"Terjadi kenaikan arus lalu lintas masuk maupun keluar Jakarta," ujar Asops Polri, Irjen Agung Setya, dalam keterangan tertulis, Senin (26/12/2022).

Baca juga: Pemerintah Mulai Uji Batasi Pembelian Pertalite dan Solar

Gerbang Tol Cikampek dilalui pengendara yang ingin meninggalkan Jakarta, Minggu (25/12/2022).Dokumentasi Jasa Marga Gerbang Tol Cikampek dilalui pengendara yang ingin meninggalkan Jakarta, Minggu (25/12/2022).

"Arus lalu lintas berjalan lancar walau terjadi peningkatan arus keluar Jakarta ke arah Cirebon, Bandung, Ciawi, dan Merak yang meningkat rata-rata selama operasi sebesar 17,6 persen. Sedangkan arus masuk Jakarta niak 6 persen" lanjut dia.

Agung juga mencatat ratusan kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama operasi digelar. Tercatat, kecelakaan paling banyak terjadi di wilayah Jawa Timur.

"Kecelakaan yang terjadi 459, paling banyak terjadi di wilayah Provinsi Jatim dengan 269 kecelakaan," ungkapnya.

Baca juga: Daftar Pelat Nomor Mobil Menteri dan Pejabat di Indonesia

Sebuah truk bermuatan pasir terlibat kecelakaan dengan mobil dinas TNI di Jalan Raya Transyogi, Cimanggis, Depok pada Jumat (23/12/2022) pagi.Sebuah truk bermuatan pasir terlibat kecelakaan dengan mobil dinas TNI di Jalan Raya Transyogi, Cimanggis, Depok pada Jumat (23/12/2022) pagi. Sebuah truk bermuatan pasir terlibat kecelakaan dengan mobil dinas TNI di Jalan Raya Transyogi, Cimanggis, Depok pada Jumat (23/12/2022) pagi.

Oleh karena itu, Agung mengimbau pada masyarakat yang bepergian untuk berhati-hati. Hal ini perlu ditekankan mengingat musim hujan yang melanda Indonesia menjelang akhir tahun ini.

"Imbauan kepada masyarakat dengan meningkatnya curah hujan di seluruh wilayah Jawa dan luar Jawa agar masyarakat yang menggunakan transportasi darat, maupun laut dan udara mengikuti arahan dari otoritas transportasi," kata Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com