Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idle Stop Motor Tidak Bisa Aktif, Coba Periksa Ini

Kompas.com - 23/12/2022, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Salah satu fitur modern pada sepeda motor adalah Idling Stop System (ISS). Teknologi ini digadang-gadang sebagai upaya pengurangan emisi gas buang serta dapat menghemat bahan bakar.

Mungkin itu benar adanya, sebab fitur tersebut tidak hanya terdapat pada sepeda motor. Beberapa mobil juga dilengkapi dengan fitur yang satu ini dengan maksud yang sama; untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Nah, bagi Anda yang di rumah memiliki sepeda motor dengan fitur ISS namun fitur tersebut tidak bisa aktif, coba deh periksa komponen ini.

Baca juga: Syarat Idling Stop System pada Motor Honda Bisa Aktif

Indikator idling stop system pada Honda Vario 125Kompas.com/Erwin Setiawan Indikator idling stop system pada Honda Vario 125

Kepala Bengkel Ahass Cawas Klaten Ivan mengatakan ISS akan bekerja bila kondisi motor benar-benar prima, jika syarat-syarat tidak terpenuhi maka ISS akan menolak untuk bekerja.

“Kebanyakan kasus ISS tidak mau aktif karena baterai atau akinya sudah lemah, hal itu akan membuat putaran mesin tidak stabil,” ucap Ivan kepada Kompas.com, Jumat (23/12/2022).

Dia mengatakan salah satu syarat agar ISS mau bekerja adalah putaran mesin memasuki zona standarnya.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Idling Stop System pada Sepeda Motor?

Fitur Idling Stop System (ISS) pada sepeda motor HondaDok. DAM Fitur Idling Stop System (ISS) pada sepeda motor Honda

“Putaran mesin saat idle harus pas, sekitar 1600 sampai 1800 rpm, jika terlalu rendah atau terlalu tinggi ISS tidak akan bekerja, biasanya kalau aki motor sudah lemah putaran mesin ini akan terpengaruh,” ucap Ivan.

Dia mengatakan, jika aki motor masih sehat maka dengan melakukan penyetelan gas putaran mesin mau dibuat standar.

“Bila akinya masih bagus sih cukup disetel saja gasnya sampai putaran mesin mau masuk zona standarnya, tapi kalau aki sudah mulai lemah hal itu sulit tercapai,” ucap Ivan.

Baca juga: Mengenal Fitur ISS pada Honda Vario 125

Indikator ISS akan menyala bila fitur ISS aktifKompas.com/Erwin Setiawan Indikator ISS akan menyala bila fitur ISS aktif

Dia mengatakan daya aki memang sangat mempengaruhi kerja pompa bensin dalam menyuplai bahan bakar, jika aki sudah lemah maka putaran mesin menjadi tidak stabil.

“Intinya bisa dicoba disetel dulu putaran mesinnya, kalau disetel tidak bisa dan kondisi akinya memang sudah soak maka solusinya adalah harus diganti akinya,” ucap Ivan.

Dia mengatakan yang dimaksud ISS tidak mau aktif ini tombol idle stop berfungsi tapi indikator idling stop kembali mati setelah dihidupkan.

Baca juga: Fitur ISS, Benarkah Bikin Aki Motor Cepat Tekor?

“Tanda kalau ISS sudah aktif adalah indikatornya menyala terus menerus ketika kendaraan melaju, suatu kondisi ketika tombol idle stop dipencet indikatornya menyala dan akan mati kembali, ini yang dimaksud ISS tidak mau aktif,” ucap Ivan.

Jadi, bila ISS tidak mau aktif padahal tombol sudah dipencet dan lampu indikatornya sempat hidup, maka Anda bisa memeriksa setelan gas dan baterainya apakah sudah soak atau belum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com