Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Volvo B8R Euro 5, Siap Ramaikan Pasar Sasis Premium

Kompas.com - 20/12/2022, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Volvo B8R dengan standar emisi Euro 5 resmi diluncurkan di Indonesia. Sasis premium ini juga sekarang dirakit oleh PT National Assemblers di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Hadirnya B8R Euro 5 sudah dilengkapi dengan Selective Catalytic Reduction (SCR) agar bisa mendapatkan hasil emisi yang rendah. Selain itu, sasis ini didatangkan untuk meramaikan kelas bus premium yang nyaman.

Sistem SCR secara sederhana menyemprotkan cairan AdBlue ke gas buang. Hasilnya, emisi jadi rendah dan gas beracun berkurang, jadi bisa lolos standar emisi Euro 5.

Baca juga: Spesifikasi Volvo B11R Euro 5, Semakin Rendah Emisi dan CKD

Mesin Volvo B8RKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mesin Volvo B8R

B8R merupakan sasis 4x2 atau dual axle, punya GVW sampai 17,5 ton. Bodi yang bisa dipasang pada sasis premium ini adalah dengan panjang 12 meter dan lebar 2,5 meter.

Untuk mesin, B8R memakai Volvo D8 diesel enam silinder segaris. Mesin tersebut menghasilkan 330 TK dan torsi 1.200 Nm, tenaga disalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis buatan ZF.

Secara kenyamanan, B8R sudah dilengkapi dengan suspensi udara tipe wide dengan fitur bisa dimiringkan ketika sedang berhenti. Suspensi udara model wide ini juga cocok kalau dipasang ke bodi bus tinggi (SHD).

Baca juga: Ban Usia 3 Tahun, Apakah Masih Aman Digunakan?

Sasis Volvo B8RKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Sasis Volvo B8R

Kemudian, bukan Volvo kalau tidak menyematkan berbagai fitur keselamatan, salah satunya di sektor pengereman. B8R sudah dilengkapi dengan Volvo Electronic Braking System (EBS) yang terhubung dengan ABS.

Selain itu, B8R juga disematkan fitur Brake Blending yang menyatukan engine brake, retarder, dan service brake pada pedal rem. Lalu, ada juga Hill Start Aid yang membantu bus berjalan di tanjakan dari posisi berhenti.

Selanjutnya ada Brake Assist, ESP, dan reatarder hidraulis sebagai standar dari sasis. Untuk kapasitas tangki, ada 300 liter untuk solar dan 48 liter untuk AdBlue.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com