Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Volvo B11R Euro 5, Semakin Rendah Emisi dan CKD

Kompas.com - 20/12/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Volvo Buses Indonesia baru saja memperkenalkan sasis B11R dengan standar emisi Euro 5 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Bus yang dibawa oleh PT Indotruck Utama ini sekarang sudah dirakit oleh PT National Assemblers di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Jadi membuka kesempatan untuk memanfaatkan barang produksi lokal untuk pembuatan sasis.

Volvo B11R dilengkapi dengan mesin Volvo D11 enam silinder segaris diesel. Mesin yang dipasang di bagian belakang sasis ini menghasilkan 450 TK dan torsi 2.150 Nm.

Baca juga: Truk Listrik Volvo Bakal Dipakai Amazon di Jerman, Kurangi Emisi

Volvo Buses Indonesia dan PT Indotruck Utama merilis Volvo B11R dan B8R dengan standar emisi Euro 5KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Volvo Buses Indonesia dan PT Indotruck Utama merilis Volvo B11R dan B8R dengan standar emisi Euro 5

Tenaga tersebut naik dari Volvo B11R sebelumnya yang masih Euro 3. Bedanya lagi, untuk memenuhi standar emisi Euro 5, mesin Volvo D11 dipasang lagi dengan Selective Catalytic Reduction (SCR).

Secara sederhana, SCR menggunakan cairan AdBlue atau urea untuk mengurangi emisi gas buang. Jadi pada asap yang keluar dari ruang mesin, disemprotkan dengan AdBlue sehingga kadar Nox turun dan sesuai dengan standar.

Kembali membahas mesin D11 yang dipasang pada Volvo B11R, tenaga yang dihasilkan disalurkan dengan transmisi I-Shift 2412 D, sistem automated gear-changing system, atau transmisi manual yang dibuat otomatis.

Baca juga: Insentif Kendaraan Listrik, Bagaimana yang Sudah Pakai Lebih Dulu?


Kemudian untuk dimensi, sasis B11R bisa dipasang dengan bodi dengan panjang 13,5 Meter dan GVW 24 Ton. Bodi bus yang sesuai dengan sasis tronton ini seperti double decker atau UHD.

Lalu, untuk menambah kenyamanan, sistem suspensi yang digunakan sudah air suspension yang dikendalikan secara elektronis. Bus bisa dimiringkan ke kiri ketika sedang berhenti dan ada stabilizer di depan dan belakang.

Sasis Volvo B11RKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Sasis Volvo B11R

Soal keselamatan, Volvo memang ahlinya. Bus B11R sudah dilengkapi dengan Volvo Elctronically controlled disc brakes (EBS), ABS, Brake Blending, Hill Start Aid, Brake Assist, ESP, Volvo compact retarder dan Volvo Engine Brake (VEB).

Kapasitas tangki BBM dari B11R ini pun besar, yakni 450 Liter dan 48 Liter untuk AdBlue. Perbandingan konsumsi AdBlue dengan solar adalah sekitar lima sampai enam persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.