Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Spesifikasi Toyota Hilux GR Sport vs Mitsubishi Triton Ultimate

Kompas.com - 12/12/2022, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Hilux GR Sport resmi meluncur dan menjadi penantang terkuat Mitsubishi Triton Ultimate 4WD. Dilihat dari spesifikasinya, kedua mobil ini bersaing cukup ketat.

Untuk eksteriornya, keduanya sama-sama memiliki tampang yang agresif. Namun, Hilux memiliki bodi yang lebih membulat. Sementara Triton, terlihat lebih mengotak.

Baca juga: Skema Kredit Toyota Hilux GR Sport, Cicilan Rp 15 Jutaan per Bulan

Soal spesifikasi mesin, keduanya sama-sama menggunakan mesin 2.8 L. Selain itu, juga menggunakan sistem penggerak roda 4 wheel drive (4WD).

Hilux GR Sport dipamerkan di GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hilux GR Sport dipamerkan di GIIAS 2022

Untuk Hilux, mengandalkan mesin berkode 1GD-FTV, 4-silinder segaris, 16 katup, DOHC, dilengkapi dengan turbo dan intercooler, serta berkapasitas 2.755 cc. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan dengan Sequential Shift dan Paddle Shift.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 201 tk pada 3.400 rpm. Lalu, untuk torsinya sebesar 500 Nm pada rentang 1.600 rpm hingga 2.800 rpm.

Baca juga: Toyota Siapkan Hilux yang Lebih Garang, buat Lawan Ford Ranger Raptor

Sedangkan Triton, dibekali mesin 4N15 DI MIVEC, 4-silinder segaris, DOHC, 16 katup, turbocharged, dan berkapasitas 2.442 cc. Mesinnya dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan.

Test Drive Mitsubishi TritonKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Test Drive Mitsubishi Triton

Mesin Triton bisa menghasilkan tenaga maksimum hingga 178,5 tk pada 3.500 rpm. Sedangkan torsinya, dapat mencapai 430 Nm pada 2.500 rpm.

Pada bagian interior, kedua doubke cabin ini tak jauh berbeda. Hilux dan Triton sama-sama memiliki kabin yang didominasi warna hitam. Tapi, hanya Hilux yang sudah menyematkan paddle shift di belakang setir.

Hilux GR Sport. DOK. PT Toyota Astra Motor. Hilux GR Sport.

Fitur keamanan yang disematkan juga tidak jauh berbeda. Sebab, Hilux dan Triton juga dibekali dengan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Untuk deknya, Hilux memiliki panjang 1.555 mm, lebar 1.540 mm, dan tinggi 480 mm. Sedangkan Triton, panjang deknya mencapai 1.520 mm, lebar 1.470 mm, dan tinggi 475 mm.

Test Drive Mitsubishi TritonKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Mitsubishi Triton

Jika dibandingkan dari spesifikasi pabrikan, Hilux GR Sport tampak lebih unggul. Mesinnya lebih bertenaga dan daya tampung dari deknya juga lebih besar.

Tapi, dari segi harga, Hilux GR Sport cukup tinggi, yakni Rp 731,4 juta (OTR Jakarta). Sedangkan Triton Ultimate 4WD, harganya Rp 505,8 juta (OTR Jakarta). Selisih antara keduanya bisa mencapai Rp 225,6 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com