Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 11/12/2022, 21:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tak semuda mobil matik, saat belajar parkir mobil menggunakan transmisi manual dibutuhkan keahlian yang lebih.

Hal tersebut karena konsentrasi pengendara tak sekadar menentukan titik yang pas, tapi juga harus sigap memindahkan transmisi saat posisinya kurang pas.

Demikian juga saat sudah memposisikan mobil di tempat parkir. Hal-hal yang sering salah kaprah tetapi terlanjur banyak diterapkan adalah sengaja menempatkan posisi gigi transmisi di 1 atau R.

Kebiasaan tersebut sudah lama digunakan, dianggap satu-satunya cara mencegah mobil tak meluncur. Padahal, kondisi tersebut sangat berbahaya.

Baca juga: Toyota Sebut Innova EV Masih Berstatus Studi

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menyarankan, parkir yang aman selalu posisikan tuas transmisi di 'N'. 

"Gigi masuk memang bisa menahan mobil biar tak bergerak. Transmisi bisa mengunci roda, yang jadi masalah kalau pemiliknya lupa menetralkan saat ingin menyalakan mesin," ucap Bambang dihubungi Kompas.com, Minggu (11/12/2022). 

Sebuah mobil menabrak pembatas parkiran di Rumah Sakit (RS) Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (20/9/2022) siang.INSTAGRAM.com/JKTINFO Sebuah mobil menabrak pembatas parkiran di Rumah Sakit (RS) Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (20/9/2022) siang.

Mobil bisa maju atau mundur menghantam tembok maupun benda-benda di sekitarnya. Pastinya, bagian bodi mobil bisa lecet bahkan sampai penyok. 

Selain itu, kecelakaan parkir tersebut sangat berbahaya, terlebih di tempat parkir ada orang lain atau binatang. 

"Di luar kontrol pengemudi, insiden kecelakaan bisa sampai fatal. Atau parahnya lagi jika mobil parkir di basement gedung lantai atas, khawatirnya menabrak pagar pembatas dan meluncur ke bawah," tuturnya. 

Kerusakan serius juga bisa dialami mesin dan transmisi. Seperti disampaikan Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana. 

Baca juga: Parkir Mobil Matik, Jangan Asal Langsung Pindah ke R

Menurut dia, kerusakan komponen mesin dan transmisi bisa benar-benar merugikan. Motor dinamo starter kalah akibat beban berlebihan. Atau kerusakan transmisi yakni berupa komponen gigi girboks hancur. 

Tuas transmisi manualKompas.com/Erwin Setiawan Tuas transmisi manual

"Dua-duanya komponen mekanis, biar awet perlakuan pemilik harus hati-hati. Posisi transmisi manual masuk gigi, saat mesin berusaha dinyalakan, hentakan keras mendadak berpeluang merusak komponen starter dan fly wheel. Terparah jika sampai macet bahkan sampai rontok," tutur Andika. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke