Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan AHM Tanam Seribu Mangrove Lestarikan Habitat Bekantan

Kompas.com - 09/12/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove rambai di Kawasan Stasiun Riset Bekantan, Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (8/12/2022).

Penanaman pohon bakau ini merupakan upaya dalam mendukung perlindungan lingkungan, yang kemudian diharapkan dapat menjaga keberlangsungan hidup bekantan yang merupakan primata endemik Pulau Borneo.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Mercedes-Benz EQE yang Paling Murah

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan penanaman mangrove merupakan rangkaian program Bumi Satu Hati yang meliputi reboisasi dan konservasi keanekaragaman hayati dalam adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dan penurunan Gas Rumah Kaca.

Bekantan  di kawasan konservasi Tarakan.Shutterstock/A H Stock Bekantan di kawasan konservasi Tarakan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk semangat Sinergi Bagi Negeri dalam berkolaborasi menjaga keberlangsungan alam untuk generasi penerus bangsa," ujar Muhib dalam keterangan resmi, Jumat (9/12/2022).

"Kami berharap pohon – pohon yang sudah kami tanam ini dapat memberikan dampak positif terhadap kelestarian dan keseimbangan alam, khususnya untuk habitat bekantan,” kata Muhib.

Penanaman bibit mangrove rambai di Pulau Curiak ini melengkapi 750 pohon yang telah ditanam sejak 2018 pada lahan seluas 3.050 meter persegi.

Baca juga: Toyota Sebut, Innova EV Masih Berstatus Studi

Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove rambai di Kawasan Stasiun Riset Bekantan - Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (8/12/2022).Foto: AHM Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove rambai di Kawasan Stasiun Riset Bekantan - Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (8/12/2022).

Mangrove rambai yang ditanam di Pulau Curiak penting bagi habitat bekantan di mana pucuk daunnya menjadi sumber pakan utama bagi hewan yang terancam punah.

Selain itu, penanaman mangrove rambai ini juga dapat berkontribusi menyerap karbon dan memperbaiki ekosistem lahan basah dalam mendukung kehidupan satwa dan kehidupan manusia secara berkelanjutan.

Selain menanam pohon mangrove rambai, Yayasan AHM juga membangun titian jalan sepanjang 25 meter dan 1 buah tempat singgah yang akan digunakan sebagai sarana edukasi dan pengembangan Stasiun Riset Bekantan bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.