Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Diuji Coba, Ini Cara Beli Solar Pakai QR Code

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) Tbk mulai melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi menggunakan QR Code pada aplikasi MyPertamina mulai 1 Desember 2022.

Pada tahap awal, jenis BBM yang harus melalui fitur itu ialah solar subsidi. Pemberlakuan 11 kabupaten atau kota terpilih sebagai upaya persiapan pelayanan bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

"Uji coba penerapan Kode QR Subsidi Tepat untuk Solar Subsidi kini sudah mulai dilakukan di beberapa wilayah terpilih sebagai upaya persiapan pelayanan bagi seluruh masyarakat," tulis Pertamina dalam akun Instagram resminya, @mypertamina, Selasa (6/11/2022).

Menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, cara baru ini dilakukan untuk memastikan BBM bersubsidi bisa didapatkan oleh konsumen yang berhak mendapatkannya. Oleh karena itu, Pertamina perlu mendata konsumen-konsumen yang bisa menggunakan subsidi BBM.

Untuk membeli BBM solar subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut di Google PlayStore dan AppStore.

Setelah itu pengguna wajib melakukan registrasi dan menghubungkan akun LinkAja sebagai instrumen transaksinya ke aplikasi MyPertamina. Berikut adalah langkah-langkah membeli Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina:

Jika belum memiliki aplikasi MyPertamina, masyarakat bisa melakukan pendaftaran di situs resmi MyPertamina melalui tautan https://subsiditepat.mypertamina.id/ . Pertamina Patra Niaga sudah membuka situs pendaftaran ini sejak 1 Juli 2022.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/07/150200715/mulai-diuji-coba-ini-cara-beli-solar-pakai-qr-code

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke