Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiasaan pengguna jalan di berbagai daerah biasanya berbeda-beda. Salah satu kebiasaan yang tim Merapah Trans-Sumatera temui adalah lampu hazard yang digunakan untuk jalan lurus ketika lagi di persimpangan.

Kejadian ini langsung kami temui saat masuk ke Kota Bandar Lampung. Namun, bukan cuma di Lampung, selama perjalanan menuju Aceh pun masih kerap terlihat pengguna jalan yang melakukan hal tersebut.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, budaya tersebut terbangun salah karena minimnya pengetahuan dari para pengguna jalan.

Baca juga: Manfaat Fitur Honda Sensing Selama Perjalanan Jakarta-Aceh dengan BR-V

Ilustrasi lampu hazardautorepairschaumburgil.com Ilustrasi lampu hazard

Seharusnya, lampu hazard cuma digunakan dalam kondisi darurat. Misalnya saat mobil mengalami masalah di pinggir jalan, atau ketika ada pengereman mendadak di depan, sehingga memberi tanda untuk pengguna jalan lain.

"Jadi budaya yang terbangun salah ini karena adanya asumsi pribadi dalam menerjemahkan keselamatan, maka tercipta kebiasaan yang salah," kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Video Viral Penumpang Diludahi Kernet Bus Murni Jaya, Tanda Tidak Punya Etika


Lalu, bagaimana tips bagi pengguna jalan dari luar Sumatera, apakah harus mengikuti budaya tersebut saat melewati persimpangan?

Menurut Sony, jawabannya adalah tidak harus mengikuti, jangan membenarkan yang salah. Jadi tetap sebagai pengguna jalan harus sesuai aturan hukum dan kadiah keselamatan.

"Cara aman, jaga jarak, dan waspada karena kita enggak tahu manuvernya," ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.