Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Berkendara Suzuki Baleno 2022, Menarik untuk Aktivitas Harian

Kompas.com - 07/12/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membedah semua keunggulan pada bagian eksterior, interior, sampai kelengkapan fitur-fiturnya, kini redaksi Kompas.com langsung menjajal Suzuki Baleno model 2022. Pengujian dilakukan di jalur dalam kota dan luar kota yang berjarak sampai 85 kilometer (Km).

Selama pengujian, mobil diisi tiga orang dewasa dengan konfigurasi dua penumpang bagian depan dan satu pada bagian belakangnya. Demi menjaga kenyamanan kabin, sistem air conditioner (AC) terus aktif secara penuh agar mendapat hasil yang relevan sebagai kendaraan harian.

Secara umum, impresi perdana redaksi ketika tombol engine start ditekan suara mesin K15B pada mobil terdengar halus dalam kabin. Kesan istimewa pun tersaji berkat desain modern pada bagian pengemudinya.

Baca juga: Menikmati Fitur Unggulan Suzuki Baleno 2022 di Jalur Perkotaan

Test drive Suzuki New Baleno hatchback di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Test drive Suzuki New Baleno hatchback di GIIAS 2022

Posisi duduk cukup ergonomis karena didukung oleh pengaturan jok dan setir yang leluasa, plus busa kursi yang tebal bergaya semi-bucked.

Pengemudi pun dimanjakan dengan head unit 6,8 inci yang dapat terhubung dengan ponsel melalui bluetooth, membuat perjalanan di dalam dan luar kota tidak menjenuhkan.

Tetapi, ketika pedal gas diinjak, suara mesin jadi semakin terasa meski terasa cepat tanggap. Perpindahan gigi pun tidak bisa dibilang halus saat putaran menengah, jadi harus sedikit memberi kompromi, khususnya untuk penumpang bagian tengah.

Memasuki Tol Cikampek yang lumayan lancar, Baleno melakukan tugasnya dengan baik. Mobil menurut untuk diajak berakselerasi atau ketika hendak mendahului kendaraan lain. Apalagi, bodinya cukup kompak, jadi terasa lincah.

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Suzuki Baleno 2022, Dalam Kota Tembus 14,3 Kpl

Head-up Display (HUD) Suzuki Baleno 2022dok.SIS Head-up Display (HUD) Suzuki Baleno 2022

Sepanjang perjalanan, pengemudi pun bisa fokus ke depan karena berbagai informasi di MID bisa terpantau langsung dengan layar Head-up Display (HUD) yang sejajar garis pandangan mata. Pada layar ini, ada informasi tentang kecepatan (odometer), tachometer, dan posisi transmisi.

Mesin 1.462 cc pada Baleno pun semakin menarik saat pedal gas dibejek. Sebab, mobil cukup mudah mencapai kecepatan tinggi, yaitu 120 kpj, walau dalam prosesnya sedikit rada tertahan, yakni ketika 80 kpj.

Berdasarkan pengetesan redaksi, akselerasi Baleno untuk 0-100 kpj mampu menyelesaikan dalam waktu 11 detik. Cukup kencang dibanding sebelumnya yang berada di angka sekitar 12 detik.

Baca juga: Diskon MPV Medium Akhir Tahun, Wuling Cortez Tembus Rp 35 Jutaan

New Suzuki Baleno 2022KOMPAS.com/Ruly Kurniawan New Suzuki Baleno 2022

Adapun handling mobil, terbilang biasa saja karena dimensi yang kompak. Namun, apabila berbicara kenyamanan suspensi, harus diapresiasi karena begitu empuk sekaligus stabil, serasa sedan.

Untuk ground clearance pada Baleno yang 160 mm cukup menjadi isu tersendiri saat mobil harus melewati jalanan tidak rata dan genangan air. Terlebih pada penumpang di baris kedua, ruang kepalanya cukup terbatas akibat lekukan yang melandai di pilar C.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.