Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Akan Bangkitkan Lagi Pony Coupe Concept

Kompas.com - 28/11/2022, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Pony Coupe Concept yang dibuat tahun 1974 menjadi salah satu inspirasi mobil listrik Ioniq 5. Ternyata, Hyundai juga berencana untuk membangkitkannya kembali.

Dikutip dari Motor1.com, Minggu (27/11/2022), Hyundai bersama perusahaan desain GFG Style, akan membangun kembali salah satu mobil Hyundai yang menginspirasi.

Baca juga: Kandungan Lokal Hyundai Ioniq 5 Masih Tanda Tanya

Ditulis oleh Giorgetto Giugiaro untuk Hyundai, konsep ini berfungsi sebagai pendahulu dari jajaran mobil Pony yang dijual dari tahun 1975 hingga 1990. Jika diperhatikan, Giugiaro mengambil inspirasi dari Pony Coupe Concept untuk karya ikoniknya, yakni DeLorean DMC 12.

Hyundai Pony Coupe Concept 1974Dok. Motor1.com Hyundai Pony Coupe Concept 1974

Sekarang, Hyundai dan GFG Style akan kembali mendesain ulang untuk menciptakan kembali kolaborasi penting tersebut. Mobil konsep yang dibangun kembali akan ditampilkan pada musim semi 2023.

“Saya merancang Hyundai Pony ketika saya masih seorang desainer muda di awal karir saya. Saya merasa sangat bangga bahwa saya bertanggung jawab untuk menciptakan kendaraan bagi perusahaan dan negara yang akan memasuki pasar global yang sangat kompetitif," ujar Giugiaro.

Baca juga: Hyundai Resmikan Pusat Pameran di Museum Transportasi TMII

"Sekarang, saya sangat tersanjung bahwa Hyundai telah meminta saya untuk membangunnya kembali untuk anak cucu dan sebagai perayaan warisan merek tersebut," kata Giugiaro.

Hyundai Pony Coupe Concept 1974Dok. Motor1.com Hyundai Pony Coupe Concept 1974

Pada tahun 2021, Hyundai merestorasi dan memodifikasi Pony menjadi konsep EV. Hyundai memperkenalkan konsep lain yang terinspirasi dari Pony lagi pada tahun 2022, yakni N Vision 74, dengan teknologi hidrogen hybrid.

SangYup Lee, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Pusat Desain Global Hyundai Motor, mengatakan bahwa Pony Coupe Concept akan dibangun kembali berdasarkan filosofi desain perusahaan, yakni 'membentuk masa depan dengan warisan'.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com