Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda BR-V Rute Jakarta-Lampung, Cukup Beli BBM Rp 200.000-an

Kompas.com - 28/11/2022, 09:22 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Aceh menggunakan Honda BR-V Prestige yang dilengkapi Honda Sensing. Tim berangkat dari Jakarta pada Jumat (18/11/2022).

Etape pertama yang kami lewati menuju Aceh adalah Jakarta-Lampung dengan jarak sejauh lebih kurang 229 Km kalau dilihat pada aplikasi navigasi. Pada Merapah kali ini, kami menghitung berapa konsumsi BBM yang dicatatkan oleh Honda BR-V per etape.

Untuk ke Lampung, kami memulai perjalanan dari Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Selatan. Kemudian masuk ke Tol Kebon Jeruk mengarah ke Merak, Banten. 

Baca juga: Cerita Perjalanan Honda BR-V dari Rantauprapat ke Medan

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing Kompas.com/Adityo Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Selanjutnya menyeberang denga kapal feri, kemudian masuk ke Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dan keluar di Gerbang Tol Kotabaru. Tujuan dari gerbang tol tersebut adalah Hotel Yunna yang ada di Bandar Lampung.

MID pada instrument cluster, tercatat perjalanan ditempuh sejauh 210,2 Km. Perbedaan jarak dengan aplikasi disebabkan ketika mobil berada di kapal feri, tentu tidak ikut bergerak, jadi jaraknya tetap sama.

Berdasarkan perhitungan MID, kami mencatatkan konsumsi BBM 14,2 kilometer per liter. Artinya, satu liter BBM dengan RON 92 bisa melaju sejauh 14,2 Km.

Baca juga: Honda Luncurkan Supra GTR Pakai Livery CBR1000RR-R Fireblade SP

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing KOMPAS.com/Fikria Hidayat Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Sebagai catatan, konsumsi BBM ini didapatkan dengan kondisi mesin menyala selama menunggu antrean masuk kapal dan keperluan syuting.

Jika berjalan sejauh 210,2 Km, BBM yang digunakan adalah sebanyak 14,78 liter atau dibulatkan ke atas jadi 14,8 liter.

Baca juga: Bocoran Motor Listrik Royal Enfield, Suspensi Depan Pakai Girder

Jika jumlah BBM tadi dikali dengan harga BBM yang kami gunakan yakni Pertamax (Rp 13.900 harga Jakarta), maka totalnya jadi Rp 205.720, atau dibulatkan Rp 206.000.

Perlu diingat, jumlah biaya tersebut belum ditambah dengan tol dan penyeberangan dari Pelabuhan Merak sampai Bakauheni dan Tol. Selain itu, ongkos tadi bisa berkurang jika cara mengemudinya dibuat lebih hemat BBM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.