Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ingin Hadirkan Mobil Terbang di IKN

Kompas.com - 25/11/2022, 13:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berencana untuk mengembangkan teknologi mobil terbang atau Advance Air Mobility (AAM) sebagai upaya meningkatkan pengalaman atas mobilitas yang canggih, ramah lingkungan, dan terintegrasi di Ibu Kota Negara (IKN).

Langkah tersebut dilakukan dengan berkerja sama dengan Badan Otorita IKN Nusantara bersama divisi di Hyundai Motor Company.

Menurut General Manager Marketing Department HMID Astrid Ariani Wijana, transportasi modern itu khusus untuk dioperasikan di IKN. Namun belum dikatakan secara pasti untuk waktunya.

Baca juga: Hyundai Akan Jual Ioniq 5 Bekas KTT G20, Ada Diskonnya

An image of landscape layout plan of the Presidential Secretariat Building at Indonesia's new capital in East Kalimantan. ANTARA/WASKITA KARYA An image of landscape layout plan of the Presidential Secretariat Building at Indonesia's new capital in East Kalimantan.

"Ini bukan sekadar bikin mobil, Advanced Air Mobility adalah salah satu bentuk transportasi orang berbasis udara yang dimiliki Hyundai," kata Astrid di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Saat ini, lanjut dia, pihak Hyundai sedang melakukan riset mobil otonom terbang terkait. Sebab banyak aspek yang harus diperhitungkan apalagi Indonesia belum memiliki suatu regulasi atau kebijakan tentangnya.

"Banyak yang harus dipersiapkan sebelum mencapai ke arah sana," kata dia.

Sebelumnya, Otorita IKN Nusantara telah menandatangani nota kesepahaman dengan Hyundai Motor Company dan LG CNS untuk mendirikan pusat Research and Development AAM di IKN Nusantara di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali.

Pusat riset itu sekaligus bakal menjadikan IKN sebagai pusat pengembangan industri AAM di Asia Tenggara.

Baca juga: Intip Spesifikasi Genesis G80 Eks Kepala Negara di KTT G20

Hyundai Genesis Electrified G80Hyundai Hyundai Genesis Electrified G80

Kerjasama LG CNS dan Otorita IKN pun akan mengembangkan IKN sebagai kota cerdas (smart city) dan pembangunan ekonomi hijau di Indonesia.

"Tujuan kita membentuk AAM untuk menciptakan suatu kendaraan yang aman, mudah diakses, terjangkau, dan otomatis. Ini sangat baik untuk kualitas hidup di masa depan," kata Presiden Hyundai Motor Groups, Advanced Air Mobility Division.

"Kerja sama kita bersama pemerintah Indonesia untuk memberikan kehidupan lebih baik untuk Indonesia," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com