Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Fitur Honda LaneWatch BR-V Saat Bertualang di Kota Medan

Kompas.com - 27/11/2022, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - All New Honda BR-V merupakan mobil yang tim Merapah Trans-Sumatera 2022 gunakan untuk perjalanan dari Jakarta sampai Aceh. Mobil baru ini pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat berguna ketika pergi ke luar kota maupun sekadar jalan-jalan mencari kuliner khas.

Setibanya di Kota Medan, kondisi lalu lintas di sini memang cenderung ramai. Bukan cuma ada mobil dan motor, di Medan juga ada becak motor (Bentor) yang turut meramaikan jalan.

Ada satu fitur yang sangat berguna yang dimiliki Honda BR-V saat sedang berada di jalan perkotaan yang ramai, yakni Honda LaneWatch. Fitur ini dapat membantu pengemudi mengurangi blind spot terutama di sisi kiri kendaraan.

Baca juga: Cerita Perjalanan Honda BR-V dari Rantauprapat ke Medan

Honda BR-V dengan Honda LaneWatch KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Honda BR-V dengan Honda LaneWatch

Jadi Honda LaneWatch menggunakan kamera yang dipasang pada spion kiri Honda BR-V dan akan menampilkan video di layar head unit. Cara mengaktifkan fitur ini, cukup nyalakan sein kiri, maka ada video yang diputar secara real time, menunjukkan blind spot sisi kiri kendaraan.

Fitur ini sangat berguna, terutama ketika mau belok kiri di persimpangan. Apalagi kondisi jalan di Medan yang ramai, motor sampai bentor kerap berada di blind spot kendaraan, jadi sebelum belok ke kiri, bisa dilihat dulu dan senggolan bisa dihindari.

Selain dengan menyalakan sein kiri, Honda LaneWatch juga bisa diaktifkan dengan cara menekan tombol yang ada di tuas kanan, di belakang setir. Jadi ketika mau parkir, bisa kelihatan seberapa mepet mobil dengan batas kiri atau mencegah terlalu dekat dengan selokan, semakin aman.

Baca juga: Bisakah Beli Remote Keyless Ori di Toko Online?

Honda BR-V dengan Honda LaneWatch KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Honda BR-V dengan Honda LaneWatch

Selain Honda LaneWatch, BR-V terbaru juga sudah dilengkapi dengan Honda Sensing, sistem yang membantu pengemudi. Fitur dari Honda Sensing terdiri dari Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDMS), Adaptive Cruise Control (ACC), Auto High Beam (AHB), Lead Car Departure Notification System (LCDNS), dan Collision Mitigation Braking System (CMBS).

Semua fitur yang ada pada Honda BR-V tersebut beroperasi secara beriringan, jadi membuat mobil semakin aman dan nyaman ketika digunakan untuk perjalanan jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com