Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DRMA Optimistis Penjualan Naik 20 Persen Tahun Depan

Kompas.com - 26/11/2022, 15:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten manufaktur komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) yakin bahwa bisnis otomotif tahun depan masih menjanjikan. Sebab sepanjang tahun ini, sektor tersebut menunjukkan pertumbuhan signifikan.

Menurut laporan Gaikindo, penjualan mobil pada Januari-Oktober 2022 meningkat 21,4 persen atau dari 677.346 unit pada 2021 menjadi 822.013 unit. Untuk penjualan motor, berdasarkan data AISI, juga naik 15,6 persen pada Oktober 2022 jadi 537.587 unit.

Oleh karena itu, perseroan optimis dan menargetkan penjualan tahun depan bisa tumbuh 20 persen. Adapun, untuk 2022 yang akan segera berakhir, DRMA optimistis target atas pertumbuhan penjualan 20 persen dan pertumbuhan laba bersih 50 persen bisa tercapai.

Baca juga: Masuk Era Elektrifikasi, Pasar Pelumas Dinilai Masih Menjanjikan

Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

Presiden Direktur DRMA Irianto Santoso mengatakan dalam upaya mendongkrak kinerja Perseroan, tahun ini pihaknya melakukan ekspansi dengan membangun tiga pabrik baru dan satu proyek perluasan pabrik.

Proyek pembangunan pabrik tersebut terutama untuk menggenjot produksi komponen kendaraan roda empat, dimana permintaan komponen dari produsen otomotif terus meningkat seiring peningkatan penjualan mobil di Indonesia.

Selain itu, mengantisipasi tren kendaraan listrik di masa mendatang, DRMA menyiapkan investasi dengan merancang prototype kendaraan listrik roda tiga dengan merek PowerAce yang akan diluncurkan tahun 2023.

Baca juga: Daya Baterai Remote Keyless Habis, Apa Mesin Masih Bisa Dinyalakan?

Ilustrasi produksi motor di pabrik AHMKOMPAS.com Ilustrasi produksi motor di pabrik AHM

Tidak sampai di sana, DRMA juga berencana mengembangkan battery pack dan battery management system, serta investasi pada mesinmesin baru untuk existing products, yang nantinya dapat digunakan untuk menunjang pembuatan body dan chassis part untuk kendaraan listrik.

"Sebagai entitas bisnis, kami harus selalu antisipatif terhadap perkembangan industri yang digeluti," ujar Irianto dalam keterangan pers, dikutip Sabtu (26/11/2022).

"Melihat tren kendaraan listrik yang ke depan akan semakin cerah, DRMA akan berupaya menangkap peluang dengan melakukan berbagai persiapan investasi," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com