Kompas.com - 24/11/2022, 11:12 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Turbo pada mesin mobil modern memiliki peran penting dalam mendongkrak tenaga dan membantu efisien bahan bakar.

Namun demikian, seiring berjalannya waktu komponen ini juga bisa rusak. Kebanyakan karena masalah pada kipas turbin, baik yang macet atau patah karena kotoran.

Masalah kerusakan tentu membutuhkan solusi, ada dua pilihannya, yakni mengganti turbo satu set atau melakukan perbaikan.

Banyak pemilik mobil yang sering kebingungan menentukan alternatif terbaik. Nomor satu karena faktor biaya dan perbaikan tentu bisa jadi solusi yang ramah kantong.

Baca juga: Ini Masalah yang Bikin Turbo pada Mesin Mobil Mudah Rusak

Hal itu tentu kemungkinan besar diprioritaskan tapi pertanyaannya apakah aman bila turbo diperbaiki? 

Mesin turbo Toyota GR CorollaDok. Carbuzz.com Mesin turbo Toyota GR Corolla

Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen menjelaskan, pertama kali dilihat secara detail kondisi fisik menentukan langkah penanganan terbaik. 

Analisa kerusakan dibutuhkan guna menentukan sumber masalah yang membuat turbo tak bekerja. 

"Hasilnya komponen rusak darimana langsung diketahui pasti. Dilakukan estimasi biaya total sekaligus, hal ini mencegah pembengkakan biaya besar, jadi matang. Turbo komponen total jumlahnya banyak," kata Kempes kepada Kompas.com, Rabu (23/11/2022). 

Baca juga: Tips Aman Melintas di Jalan Tol Trans-Sumatera yang Panjang

Khusus kasus kerusakan ringan seperti kipas turbo pecah biaya perbaikan relatif terjangkau. Penggantian komponen bisa satuan, tak harus sekaligus satu set. 

Beberapa kasus karena sebelumnya tak ketahuan dari awal komponen rusak jumlahnya jadi banyak. Hal itu biasanya disebabkan rumah kipas tergores atau berlubang. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.