Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2022, 11:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Turbo pada mesin mobil modern memiliki peran penting dalam mendongkrak tenaga dan membantu efisien bahan bakar.

Namun demikian, seiring berjalannya waktu komponen ini juga bisa rusak. Kebanyakan karena masalah pada kipas turbin, baik yang macet atau patah karena kotoran.

Masalah kerusakan tentu membutuhkan solusi, ada dua pilihannya, yakni mengganti turbo satu set atau melakukan perbaikan.

Banyak pemilik mobil yang sering kebingungan menentukan alternatif terbaik. Nomor satu karena faktor biaya dan perbaikan tentu bisa jadi solusi yang ramah kantong.

Baca juga: Ini Masalah yang Bikin Turbo pada Mesin Mobil Mudah Rusak

Hal itu tentu kemungkinan besar diprioritaskan tapi pertanyaannya apakah aman bila turbo diperbaiki? 

Mesin turbo Toyota GR CorollaDok. Carbuzz.com Mesin turbo Toyota GR Corolla

Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen menjelaskan, pertama kali dilihat secara detail kondisi fisik menentukan langkah penanganan terbaik. 

Analisa kerusakan dibutuhkan guna menentukan sumber masalah yang membuat turbo tak bekerja. 

"Hasilnya komponen rusak darimana langsung diketahui pasti. Dilakukan estimasi biaya total sekaligus, hal ini mencegah pembengkakan biaya besar, jadi matang. Turbo komponen total jumlahnya banyak," kata Kempes kepada Kompas.com, Rabu (23/11/2022). 

Baca juga: Tips Aman Melintas di Jalan Tol Trans-Sumatera yang Panjang

Khusus kasus kerusakan ringan seperti kipas turbo pecah biaya perbaikan relatif terjangkau. Penggantian komponen bisa satuan, tak harus sekaligus satu set. 

Beberapa kasus karena sebelumnya tak ketahuan dari awal komponen rusak jumlahnya jadi banyak. Hal itu biasanya disebabkan rumah kipas tergores atau berlubang. 

"Perbaikan harus dilakukan menggunakan jalan pintas oversize. Jika ukuran dibiarkan beda, kipas turbin bisa lepas dari dudukan. Ganti kipas ukuran diameter di atasnya, dan rumah kipas dibesarkan agar kembali presisi," kata dia. 

Turbocharger mobilSirimas Turbocharger mobil

Mekanisme kerja turbocharger mengandalkan tekanan oli dan udara. Kebocoran oli jadi biang kerok asap keluar dari knalpot. 

Perbaikannya membutuhkan pergantian sil kit turbocharger lengkap. Secepatnya segera diperbaiki karena berisiko menyebabkan oli berkurang. 

"Oli rembes itu pasti karena jurnal bearing goyang. Turboshaft jadi menekan dan menjalar sampai sil," ucapnya. 

Baca juga: Biaya Penggantian Timing Belt Toyota Innova Diesel

Bicara estimasi biaya perbaikan total tersebut, Kempes merinci, jenis mobil seperti Innova diesel dan Fortuner membutuhkan dana Rp 5 jutaan. 

"Itu biaya total tiga titik kerusakan, dimulai dari kipas turbo, oversize rumah turbo, dan sil kita seluruhnya," sebutnya. 

Sementara itu, Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, penanganan kerusakan turbo sifatnya gawat darurat. 

Mesin dilengkapi turbochargergarretmotion Mesin dilengkapi turbocharger

"Pernah menangani Innova diesel mengalami masalah turbo bunyi. Analisa awal menyebutkan tekanan udara ke dalam turun signifikan, diawali putaran turbin tidak maksimal. Setelah dibongkar, kasus beda dan parah, ternyata penyebabnya overboost, mobil pernah dimodifikasi total dan rasio kompresi dibesarkan di luar kemampuan turbo," kata dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com