Kompas.com - 23/11/2022, 17:37 WIB

JAMBI, KOMPAS.com - Jalan Tol Trans-Sumatera saat ini sudah menghubungkan berbagai provinsi, di antaranya Lampung, Palembang, Pekanbaru, Bengkulu, Medan, dan Aceh. Jalan yang dilintasi tol ini sudah ada ratusan kilometer.

Tentu hadirnya tol bisa mempersingkat waktu perjalanan dari yang awalnya belasan jam jadi bisa di bawah 10 jam. Tapi perlu diperhatikan, lebih cepat juga pengemudi harus ekstra hati-hati karena risiko kecelakaan semakin besar.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Jalan Tol Trans-Sumatera memang cukup jauh, ada risiko yang berpotensi bahaya dan harus diwaspadai oleh pengemudi.

Baca juga: Honda BR-V Libas Jalan Tol Trans-Sumatera, Konsumsi BBM Tembus 15,8 Kpl

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing KOMPAS.com/Fikria Hidayat Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

"Pertama cuaca gang berubah-ubah di setiap ruas tol karena panjangnya lebih dari 400 Km melintasi antar provinsi," ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, perhatikan juga karakter para pengguna jalan yang berbeda di setiap daerah. Jadi pengemudi harus lebih waspada dan punya toleransi yang tinggi.

"Ketiga, durasi mengemudi harus memperhatikan waktu beristirahat agar kondisi fisik tetap fit," kata Sony.

Baca juga: Biaya Penggantian Timing Belt Toyota Innova Diesel

Lalu, ada juga jalanan yang rusak sepanjang Jalan Tol Trans-Sumatera, perhatikan kecepatan saat kendaraan melintas. Hal ini bisa mencegah kerusakan pada kendaraan dan menghindari kecelakaan.

"Atur emosi agar tidak terpancing untuk tancap gas ketika melewati jalanan yang menurun dan menanjak," kata dia.

"Terakhir, persiapkan uang elektronik dan bahan bakar karena masih minimnya fasilitas untuk pengisian dan masih awam daerahnya," kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.