Kompas.com - 23/11/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asia Cross Country Rally (AXCR) menjadi salah satu balap reli yang sangat dinantikan para pecinta enduro dan off road. Namun, sayangnya reli ini masih sepi peminatnya di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Rudy Poa, dari Indonesia Cross Country Rally (IXCR). Menurutnya, banyak para pecinta off road atau enduro yang kurang tertarik karena tidak paham.

Baca juga: Rifat Selesaikan Hari Kedua AXCR 2022, Tanpa Sokbreker dan Pecah Ban

"Banyak yang mengira reli itu pakai GPS, tapi ternyata reli itu kan pakai tulip, pakai kertas," ujar Rudy, kepada wartawan, saat ditemui di Buriram, Thailand, Senin (21/11/2022).

Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 kelas sepeda motorDok. AXCR Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 kelas sepeda motor

"Rutenya sangat mudah untuk anak off road. Tapi, yang memberatkan itu navigasinya. Jadi, navigasi itu menjadi tantangan buat kita," kata Rudy.

Bahkan, pereli yang sudah juara pun, menurut Rudy, akan melakukan kesalahan dan itu pasti. Tapi, frekuensinya lebih jarang dibandingkan pemula-pemula.

Baca juga: Indonesia Cross Country Rally Team Siap Bertarung di AXCR 2022

Soal anggaran, Rudy membeberkan, totalnya bisa mencapai Rp 70 jutaan, kalau bawa motor sendiri. Namun, jika jumlah peserta yang ikut AXCR banyak, maka biayanya bisa berkurang hingga Rp 50 jutaan.

Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 kelas sepeda motorDok. AXCR Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 kelas sepeda motor

"Pengiriman motor kalau untuk kebutuhan balap, sangat mudah sekali dan dibantu juga oleh pemerintah. Karena kebutuhan balap, proses pengirimannya tidak melalui IMI, tapi melalui Kadin," ujar Rudy.

"Sebab, ini alat profesional, bukan alat transportasi. Tapi, karena ini balap motor, maka tetap ada hubungannya dengan IMI," kata Rudy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.