Upaya Melestarikan Motor Klasik Buatan Inggris

Kompas.com - 23/11/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor klasik merupakan aset dan punya pasar yang terjaga. Karena itu motor klasik bisa jadi bisnis yang menguntungkan.

Salah satunya seperti yang dilakukan Hitchcocks Motorcycles, perusahaan asal Inggris, yang mengimpor atau mendatangkan kembali motor-motor klasik asal Inggris agar tetap lestari.

Baca juga: Alasan Kijang Innova Zenix Kini Pakai Penggerak Depan

Motor InggrisFoto: Visordown Motor Inggris

Belum lama ini Hitchcocks Motorcycles, mendatangkan 180 unit motor klasik dan 50 ton suku cadang motor Inggris. Motor-motor tersebut didatangkan dari berbagai negara melewati laut memakai kontainer.

Mayoritas motor tersebut ialah motor bermesin single dan twin-silinder dengan nama-nama besar seperti BSA, Triumph dan Norton. Serta beberapa merek lain dalam jumlah kecil seperti Jawa, dan Coventry Eagle.

Mengutip Visordown, mayoritas koleksi yang terekam adalah Commandos, A65s, Bonnevilles, T100s, B44s, B25s, Bantams, M21s, Interceptors, Furys, Stormers dan Tridents.

Baca juga: Shockbreaker Innova Reborn Sering Bocor, Apakah Wajar?

Motor InggrisFoto: Visordown Motor Inggris

Motor-motor yang didatangkan cukup lengkap dan hanya butuh restorasi ringan. Apalagi ada 50 ton suku cadang sehingga mudah jika ingin membangun ulang motor.

Parts suku cadangnya bukan cuma bekas melainkan juga ada yang baru tapi lama alias NOS. Mulai dari mur dan perintilan terkecil mulai dari roda, rangka, dan bahkan mesin.

Saking banyaknya Hitchcocks mengatakan butuh waktu berbulan-bulan untuk mendata dan menyortir serta menyiapkan suku cadang sebelum siap dijual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.