Kompas.com - 22/11/2022, 11:02 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan generasi terbaru Toyota Kijang Innova Zenix di Jakarta, Senin (21/11/2022). 

Kehadirannya sejak lama ditunggu-tunggu karena jadi tonggak sejarah era elektrifikasi Toyota di masa depan. 

Di tengah kabar gembira tersebut, ada duka yang mendalam karena Innova diesel resmi dinyatakan stop produksi. 

Kijang Innova merupakan salah satu mobil terlaris di Indonesia, satu keunggulannya karena desain bodi kokoh dan kuat, digadang-gadang mumpuni menaklukkan medan jalan di Indonesia. Julukannya, daily beater alias kendaraan tempur.

Sama-sama bagus, pasar penjualan Innova diesel dan bensin bekas tetap jadi buruan utama konsumen. 

Fakta terbaru, seiring kehadiran versi hybrid, justru jadi angin segar untuk segmen mobil bekas. Harga bekasnya, berdasarkan pantauan redaksi, Senin (21/11/2022) tercatat ada kenaikan. 

"Bensin yang baru-baru ini harganya naik, ada kenaikan sekitar Rp 5 juta - Rp 10 juta per unit," kata Hidayatus Sholekhah Marketing Mobil88 Semarang dihubungi Kompas.com, Senin (21/11/2022). 

Baca juga: Skema Kredit Kijang Innova Zenix, Cicilan Mulai Rp 9 jutaan

Kenaikan ini diklaim belum terprediksi sebelumnya. Menurut Hidayatus, penyesuaian harga baru tersebut sempat mengagetkan. Salah satu faktor pertimbangan menentukan harga biasanya melihat kondisi pasar Innova diesel. 

Innova bensin tidak bisa dijadikan referensi harga, karena mekanisme pasar penjualan mengikuti tren, jadi sering fluktuasi saat pasar Innova diesel anjlok. 

Kijang Innova bekas harga Rp 100 jutaan banyak diminati konsumen karena dinilai cocok untuk pemilik pemulaDicky Aditya Wijaya Kijang Innova bekas harga Rp 100 jutaan banyak diminati konsumen karena dinilai cocok untuk pemilik pemula

"Khusus bensin pasarnya bebas, langsung bermain kompetitif di segmen MPV, jadi head to head sama unit lainnya. Beda kalau Innova diesel, punya segmen atas, berhadapan dengan SUV diesel," kata dia. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.